Mobil88 Berharap Jualan Terios “Booming”

Kompas.com - 04/01/2018, 08:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Datangnya  model-model mobil baru membuat industri otomotif Tanah Air semakin bergairah. Lebih dari itu, efek positifnya disebut-sebut juga bisa berimbas pada pasar mobil bekas di dalam negeri.

Ini seperti yang dikatakan Halomoan Fischer, Chief Operating Officer mobil88 penjual mobkas bagian dari Grup Astra. Merespons soal hadirnya Terios terbaru, dirinya juga mengaku senang dan berharap kedua model tersebut bakal “booming”.

Pasalnya, kata Fischer, ketika model baru yang hadir direspon pasar dengan baik, maka bisnis mobil bekas akan berputar. Pemilik kendaraan yang berminat terhadap Terios misalnya, bisa saja menjual mobil lamanya (tak hanya berjenis sama) dan membeli produk tersebut.

“Itu mengapa kami berharap Terios-Rush booming, karena akan hidup pasar mobil bekas. Semua jadi berputar,” ujar Fischer kepada KompasOtomotif, Rabu (3/1/2017).

Baca juga : Ini Harga Terios Terbaru, Mulai Rp 190 Jutaan

All-New Daihatsu Terios Febri Ardani/KompasOtomotif All-New Daihatsu Terios

Harga Baru Terios

Terkait dengan harga baru Terios yang dibanderol lebih murah, Fischer menyebut itu tidak begitu bermasalah di pasar mobkas. Depresiasi harganya juga disebut masih terbilang stabil, dan walaupun ada penurunan masih terbilang wajar, dan hanya menyesuaikan saja dengan pindah tahun baru.

“Prinsipnya, bukan berarti dengan adanya generasi Terios baru kemudian yang lama tidak lagi dicari orang kan. Jadi jangan khawatir bagi konsumen khususnya pemilik Terios-Rush yang akan menjualnya,” tutur Fischer.

Namun soal harga ini pendapat berbeda datang dari Pengamat Pasar Mobil Bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, kalau harga Terios-Rush di pasar mobkas turun 10-15 persenan. Ini disebut Herjanto bakal merugikan pemilik karena harga jual yang merosot.

“Pastinya harga turun dan mengikuti market tentunya. Untuk pedagang yang ada stok mungkin apes, tapi kalau yang baru mau beli sekarang bisa ambil di bawah harga pasar, dan yang rugi pemilik Terios. Jadi bila tak mau rugi jangan dijual Terios-nya,” ujar Herjanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.