Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Meluncur di 2018

Kompas.com - 01/01/2018, 15:41 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Tahun 2017 sudah berakhir. Sejumlah mobil baru tercatat diluncurkan di Indonesia oleh berbagai produsen selama tahun tersebut.

Untuk tahun 2018, sudah ada sejumlah produsen yang mengkonfirmasi akan ada mobil baru yang diluncurkan pada tahun ini. Beberapa merupakan model penyegaran, namun tidak sedikit yang benar-benar mengusung produk yang belum pernah ada sebelumnya.

KompasOtomotif merangkum berbagai keterangan agen pemegang merek (APM) mobil mengenai mobil baru yang kemungkinan diluncurkan tahun 2018. Berikut daftarnya:

1. City Car dari Wuling

Diler Wuling Tunjungan, beralamat di Jalan Tunjungan Nomor 50, Surabaya. Operatornya adalah PT Wahana Autoberlian Utama. Wuling Indonesia Diler Wuling Tunjungan, beralamat di Jalan Tunjungan Nomor 50, Surabaya. Operatornya adalah PT Wahana Autoberlian Utama.

Pada Oktober 2017, Presiden SGMW Motor Indonesia ( Wuling Indonesia) Xu Feiyun, memastikan ada dua mobil yang akan diluncurkan tahun 2018. Model pertama, MPV berukuran lebih besar dari Confero, dan kedua mobil kota (city car). Model yang pertama sudah terjawab dengan diluncurkannya Cortez pada pertengahan Desember, alias lebih cepat dari yang dijadwalkan. Dengan demikian, hanya tinggal city car yang belum diketahui kapan jadwal peluncurannya.

Namun yang pasti, Wuling menyatakan city car ini diproduksi secara lokal di pabrik Wuling yang berada di Greend International Industrial Center (GIIC), Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Model ini saat ini sedang dalam tahp pengujian di jalan raya.

Baca juga : Meluncur 2018, Pesaing Innova dari Wuling Sudah Diuji


2. Sokon Glory 580

Model SUV Sokonindo Glory 580 yang diproduksi pertama dengan setir kanan di Kawasan Industri Modern, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Model SUV Sokonindo Glory 580 yang diproduksi pertama dengan setir kanan di Kawasan Industri Modern, Serang, Banten.

Pabrikan asal China lainnya yang berencana meluncurkan mobil baru pada 2018 adalah Sokon. Pada akhir November, Sokon memamerkan satu unit mobil jenis SUV yang diketahui diberi nama Glory 580. Glory 580 menggendong teknologi mesin turbo 1.5L. Sementara untuk yang 1.8L masih mengadopsi mesin natural aspiration.


Alexander Barus, CO-CEO  Sokonindo mengatakan, Glory 580 siap dipasarkan pada Februari atau awal-awal 2018 mendatang.

“Soal SUV ini mungkin saja pada awal 2018 kami bisa mulai masuk pasar atau di Februari. Namun, masih terbatas terlebih dahulu untuk wilayah Jabodetabek,” ujar Alexander saat seremoni pembukaan pabrik mobil Sokonindo di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017).

Baca juga : Mobil China Sokon ?Glory 580? Dijual Awal 2018


3. Toyota Yaris

Generasi Baru Toyota Yaris hadiri New York Auto Show 2017.motor1.com Generasi Baru Toyota Yaris hadiri New York Auto Show 2017.

PT Toyota Astra Motor (TAM) terakhir melakukan penyegaran pada Yaris, yaitu November 2016. Informasi yang diterima KompasOtomotif dari sumber internal yang mengetahui rencana ini, tahun depan dipastikan ada penyegaran lagi pada Yaris. "Awal tahun, antara Februari atau Maret 2018. Tepatnya belum bisa dipastikan," ucap sumber itu kepada KompasOtomotif pada akhir Desember 2017.

Sebagai informasi, di Thailand Yaris terbaru sudah meluncur pada September 2017. Banyak ubahan, mulai tampilan hingga ke sektor jantung pacu.


Tampilan depan kini sudah mengaplikasi lampu proyektor yang menggunakan LED, termasuk fog lamp dan stoplamp. Jantung pacu dibekali tipe 3NR-FE Dual VVT-i berkubikasi 1.200 cc.

Baca juga : Tahun Depan, Toyota Mau Segarkan Tampilan Yaris?


4. Toyota Sienta Hybrid

Toyota Sienta HybridAditya Maulana - KompasOtomotif Toyota Sienta Hybrid

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com