Pemilik Vespa Tak Harus Pakai Oli Rekomendasi

Kompas.com - 01/01/2018, 09:35 WIB
Merek oli yang digunakan oleh bengkel resmi Vespa.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Merek oli yang digunakan oleh bengkel resmi Vespa.

 

Depok, KompasOtomotif - Bengkel-bengkel resmi Vespa diketahui menggunakan oli dari merek tertentu. Namun, penggunaan oli ini ternyata bukan keharusan dan masih bisa memakai oli dari merek lain.

Saat ditemui KompasOtomotif pada Jumat (29/12/2017), seorang petugas bagian pelayanan di bengkel resmi Vespa Margonda Depok, Ahmad Agung mengatakan, pemilik Vespa boleh membawa oli lain saat melakukan servis. Asal oli yang digunakan adalah jenis 5W-40.

"Untuk oli mesin rekomendasi dari pabrik 5W-40. Kalaupun mau nyari di luar yang penting ukurannya sama," ucap Ahmad.

Saat dikonfirmasi, PR and Communications Manager Piaggio Indonesia Robby Gozal menyatakan, pihaknya memang memperbolehkan penggunaan oli dari merek lain. Sepanjang oli tersebut sesuai dengan tipe yang direkomendasikan.

"Konsumen tetap punya kebebasan memilih sepanjang yang digunakan tepat dan secara spesifikasi sama seperti yang disarankan," kata Robby kepada KompasOtomotif, Sabtu (30/12/2017).

Baca juga : Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli Mesin

 

Filter oli mesinotomotifnet.com Filter oli mesin

Menurut Robby, penggunaan oli dari merek tertentu hanya bagian dari kerja sama yang dilakukan Piaggio Global dengan produsen oli tersebut. Jadi bukan karena faktor teknis.

Kendati demikian, Robby menyatakan Piaggio Indonesia memberikan jaminan kepada konsumen yang menggunakan semua barang dan suku cadang rekomendasi pabrik, termasuk oli mesin. Sehingga kalau misalnya terjadi masalah kembali, konsumen mendapatkan jaminan tanpa harus mengeluarkan biaya kembali.

Baca juga : Bahayanya Campur Oli Mesin Beda Merek 

"Jaminan berlaku kalau konsumen servis secara rutin di bengkel kami. Jadi ketika servis di bengkel kami, kami juga menyarankan agar konsumen menggunakan oli yang memang sudah bekerja sama dengan kami," ucap Robby.



EditorAzwar Ferdian

Close Ads X