Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KALEIDOSKOP Otomotif

Toyota 86 dan Honda Civic Type R Bersaing Ketat di Indonesia

Kompas.com - 30/12/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain model mass produksi seperti LCGC, LMPV atau LSUV, konsumen dalam negeri juga disuguhkan deretan model lain di segmen hobi seperti sport. Namun memang tidak besar pasarnya, dan hanya menyasar konsumen tertentu.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun ini setidaknya ada lima merek yang menyemplungkan produknya, Toyota 86, Honda Civic Type R, Volkswagen Scirocco, Peugeot RC-Z, dan Daihatsu Copen.

Periode Januari-November 2017,  Honda dan Toyota bersaing ketat dengan perolehan sama di angka 51 unit dengan market share 36,69 persen. Namun nampaknya, kondisi ini tak akan terjadi jika CR-Z masih ada di pasar.

Baca juga : Honda CR-Z Punya Banyak Fans di Indonesia

Toyota 86 Top Speed Toyota 86

Model sport Honda ini selalu menjadi yang terlaris sejak pertama kali dipasarkan pada 2013. Namun sayang, usianya hanya tiga tahun di Indonesia lantaran prinsipal Jepang memutuskan untuk menyetop produksinya di 2016.

Setelah 86 dan Civic Type R, pada posisi ketiga ada merek asal Jerman Volkswagen Scirocco yang masih punya napas di pasar sport dalam negeri, dengan perolehan 33 unit (23,74 persen). Kemudian dilanjutkan oleh Peugeot RC-Z dan Daihatsu Copen yang masing masing terjual dua unit tahun ini.

Total nasional, pasar sport di 2017 mengalami penurunan cukup besar 53,51 persen, menjadi 139 unit. Sementara tahun lalu berhasil mencapai 299 unit. Penjualan segmen ini mencapai puncaknya pada 2013 lalu sebesar 963 unit, di mana penyumbang terbesarnya CR-Z yang sanggup terjual 429 unit.

“Segment sport selalu menarik. Ada yang ingin melihat, mencoba dan memiliki mobil tersebut tetapi kadang terbatas kuotanya karena high performance quality build-nya. Jadi mengejar jumlah penjualan bukan tujuannya,” ujar Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy kepada KompasOtomotif, ketika ditanyakan soal segmen sport di masa depan , Jumat (29/12/2017).

Wholesales segmen sport Januari-November 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales segmen sport Januari-November 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com