Kakorlantas Usul Waktu Pembatasan Truk Diperpanjang

Kompas.com - 27/12/2017, 08:42 WIB
Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan. KOMPAS/RIZA FATHONIKepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, memperkirakan puncak libur Natal dan Tahun Baru, terjadi pada 1 Januari 2018. Hari itu volume kendaraan bermotor dipastikan meningkat drastis.

Oleh sebab itu, Royke mengusulkan agar pembatasan truk kategori sumbu tiga atau lebih di jalan Tol diperpanjang. Bahkan, dia sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, untuk menambah hari pembatasan.

"Rencananya akan ditambah dua hari, sehingga total menjadi empat hari, yaotu 29, 30, 31 Desember 2017, dan 1 Januari 2018," kata Royke seperti dilansir laman NTMCPolri, Rabu (27/12/2017).

Baca juga: Wacana Pembatasan Usia Bus dan Truk

Menurut Royke, apabila pada waktu pembatasan masih ada truk yang nekat melintas, harus segera ditindak. Bahkan, dia juga ingin larang itu tidak hanya berlaku di Tol, tetapi di jalan Arteri nasional.

"Jadi truk tersebut tidak keluar dari tempatnya ketika waktu pembatasan. Kecuali truk pembawa BBM, antar pos, uang, ternak, serta bahan pokok makanan," ucap Royke.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembatasan itu dimulai dari Tol dalam kota, tol Jakarta arah Merak, Tol Jakarta arah Cikampek dan Brebes Timur, Tol Jakarta arah Purbaleunyi, serta Tol Prof. Soedyamo atau Tol Bandara.

Sementara jalur luar Jakarta, dimulai dari Tol Bawen arah Salatiga, sementara ruas jalan nasional berlaku di Denpasar hingga Gilimanuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.