Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insight, Sedan Hibrida Terbaru Honda Siap Meluncur

Kompas.com - 22/12/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Honda Motor Companybersiap untuk melahirkan sedan berteknologi hibrida terbaru, Insight. Sedan menengah ini bakal bersaing langsung dengan Toyota Prius dan mendebut pada North American International Auto Show di Detroit, Amerika Serikat (AS), Januari 2018.

New Honda Insight 2019 diklaim memiliki banyak perubahan gaya, tampilan, fitur premium dan performa. Tidak seperti dua generasi pertama, New Honda Insight dilengkapi dengan two-motor hybrid system, menawarkan efisiensi bahan bakar yang kompetitif, dibandingkan model kompak hybrid lainnya.

Peluncuran model baru ini merupakan implementasi dari Honda Electrification Initiative, yang targetnya mampu membuat dua pertiga penjualan Honda secara global, didominasi oleh kendaraan listrik pada 2030.

“Melalui peluncuran New Honda Insight Prototype pada 2018 sebagai kendaraan listrik kelima yang diluncurkan di pasar, kami telah mendemonstrasikan komitmen menuju tujuan tersebut,” ujar Henio Arcangeli, Jr, Senior Vice President of Automobile Sales dan General Manager of Honda Division, American Honda Motor, dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Kamis (21/12/2017).

Baca juga : Insight Keok Honda Segera Hentikan Produksinya

Honda Insight Prototype.Istimewa Honda Insight Prototype.

New Honda Insight akan diproduksi di Indiana Plant, Greensburg, AS, bersama dengan Civic, CR-V dan Clarity (Clarity Fuel Cell, Clarity Electric dan Clarity Plug-in Hybrid), serta Accord Hybrid. Seluruh mobil tersebut akan tiba di dealer seluruh AS, awal 2018 mendatang.

Honda Insight punya kapasitas lima penumpang, dan menggunakan two-motor hybrid system. Ini merupakan generasi ketiga, sejak model pertamanya meluncur di AS pada 1999. Model ini bahkan jadi mobil hybrid pertama yang ada di Negeri Paman Sam, tujuh bulan lebih awal dari Prius.

Kala itu, Insight yang punya desain dua pintu disebut sebagai kendaraan dengan konsumsi bahan bakar paling efisien yang tersertifikasi Environmental Protection Agency (EPA), dengan konsumsi 70 mil per galon. Ini adalah kendaraan pertama Honda yang memanfaatkan sistem hybrid Integrated Motor Assist (IMA).

Kemudian, generasi kedua Honda Insight diluncurkan pada 2009, tapi sayangnya harus menyerah di pasar dan stop produksi pada 2014 lalu. Kali ini Honda hadirkan lagi sedan hybrid-nya, dan bersiap menggoyah takhta Prius.

Honda Insight Prototype.Istimewa Honda Insight Prototype.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com