Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Jualan Ciaz Sampai Stok Habis

Kompas.com - 18/12/2017, 07:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Satu-satunya sedan merek Suzuki yang ditawarkan saat ini, Ciaz, nampaknya tidak akan berusia panjang penjualannya. Saat ini kondisi Ciaz hanya tinggal menghabiskan sisa stok di diler yang belum laku.

Baca: Suzuki Ciaz Berstatus "Barang Langka"

Ciaz pertama kali meluncur pada Agustus 2015. Model sedan kecil ini diimpor dari Thailand, sekarang harganya Rp 281,7 juta untuk varian manual dan Rp 291,8 juta buat otomatis.

Disitat dari data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor), penjualan Ciaz mencapai 120 unit pada 2015. Kemudian pada 2016 hanya terjual 35 unit dan selama 11 bulan pada tahun ini Ciaz laku 30 unit.

Ekterior Suzuki CiazStanly/Otomania Ekterior Suzuki Ciaz

Dikonfirmasi soal masa depan Ciaz, R. Uchiki GM Strategic Planning Department Suzuki Indomobil Motor, mengatakan sampai saat ini Ciaz masih dijual di dalam negeri. Walau begitu dia belum bisa memastikan bagaimana kelanjutan importasi dan penjualannya.

“Sampai saat ini masih ada stok di diler,” kata Uchiki, di Jakarta, Minggu (17/12/2017).

Ciaz masuk ke pasar sedan dalam negeri yang sangat sempit. Selama bertahun-tahun seluruh pemain berjuang mempertahankan penjualan saat mayoritas masyarakat lebih memilih model lain. Soal lain tentang sedan, pajak kendaraan yang ditanggung konsumen lebih tinggi dari model lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com