Suzuki Jualan Ciaz Sampai Stok Habis

Kompas.com - 18/12/2017, 07:43 WIB
Suzuki Ciaz jadi modal Suzuki Indomobil Sales berkompetisi di kelas sedan kompak. Stanly Ravel/KompasOtomotif Suzuki Ciaz jadi modal Suzuki Indomobil Sales berkompetisi di kelas sedan kompak.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Satu-satunya sedan merek Suzuki yang ditawarkan saat ini, Ciaz, nampaknya tidak akan berusia panjang penjualannya. Saat ini kondisi Ciaz hanya tinggal menghabiskan sisa stok di diler yang belum laku.

Baca: Suzuki Ciaz Berstatus "Barang Langka"

Ciaz pertama kali meluncur pada Agustus 2015. Model sedan kecil ini diimpor dari Thailand, sekarang harganya Rp 281,7 juta untuk varian manual dan Rp 291,8 juta buat otomatis.

Disitat dari data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor), penjualan Ciaz mencapai 120 unit pada 2015. Kemudian pada 2016 hanya terjual 35 unit dan selama 11 bulan pada tahun ini Ciaz laku 30 unit.

Ekterior Suzuki CiazStanly/Otomania Ekterior Suzuki Ciaz

Dikonfirmasi soal masa depan Ciaz, R. Uchiki GM Strategic Planning Department Suzuki Indomobil Motor, mengatakan sampai saat ini Ciaz masih dijual di dalam negeri. Walau begitu dia belum bisa memastikan bagaimana kelanjutan importasi dan penjualannya.

“Sampai saat ini masih ada stok di diler,” kata Uchiki, di Jakarta, Minggu (17/12/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciaz masuk ke pasar sedan dalam negeri yang sangat sempit. Selama bertahun-tahun seluruh pemain berjuang mempertahankan penjualan saat mayoritas masyarakat lebih memilih model lain. Soal lain tentang sedan, pajak kendaraan yang ditanggung konsumen lebih tinggi dari model lain. 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.