SPLU Kendaraan Listrik PLN Disjaya Dibikin Anti-Banjir

Kompas.com - 15/12/2017, 17:22 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – PLN Distribusi Jakarta Raya optimis untuk bisa menopang kebutuhan soal infrastruktur kendaraan listrik, saat regulasi dan populasinya sudah semakin berkembang. Ibu Kota bakal jadi salah satu kota yang menjadi target dan ujung tombak implementasi kendaraan zero emisi tersebut.

Sejauh ini PLN mengklaim sudah memiliki 900-an SPLU yang tersebar di seluruh Jakarta, meski peruntukannya baru sekedar memenuhi kebutuhan listrik pedagang kaki lima. Di beberapa titik, SPLU-nya juga tampak belum sempurna jika akan digunakan untuk mengecas kendaraan listrik.

Meski begitu, Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya menjanjikan kalau semuanya bisa digunakan untuk pengecasan ke depanya. Dirinya juga sudah mengonfirmasi soal keamanan dari instalasi SPLU yang ada di Jakarta.

Baca juga : Cara “Ngecas” Kendaraan Listrik di SPLU

Tergenang air - Genangan air terjadi saat hujan melanda di kawasan Slipi, Jakarta, beberapa waktu laluKOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Tergenang air - Genangan air terjadi saat hujan melanda di kawasan Slipi, Jakarta, beberapa waktu lalu

Pasalnya , posisi SPLU yang ada di luar ruangan tanpa bangunan atap dan juga posisinya yang tidak terlalu tinggi, khawatir bisa terganggu karena hujan atau parahnya lagi terendam banjir. Menanggapi hal tersebut Ikhsan mengatakan kalau SPLU mereka sudah memenuhi standar safety.

“Kami sudah pasang proteksi yang sangat sensitif. Jadi kalau nantinya terendam air atau kebanjiran maka otomatis langsung mati (listriknya),” tutur Ikhsan, Kamis (14/12/2017).

Ikhsan menambahkan, kalau mereka sudah mendesain dan membuat SPLU tersebut terlindungi dengan baik. “Kemudian dari casing sendiri udah IP54 atau sudah waterproof,” ucap Ikhsan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.