Gratis Ganti Airbag Takata meski Mobil Ganti Pemilik? Ini Kata Toyota - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Gratis Ganti Airbag Takata meski Mobil Ganti Pemilik? Ini Kata Toyota

Kompas.com - 14/12/2017, 15:56 WIB
Toyota NAV1 Welcab, atau dengan kursi khusus.TAM Toyota NAV1 Welcab, atau dengan kursi khusus.

KOMPAS.com – Sejumlah besar mobil yang menggunakan airbag Takata dinyatakan perlu penggantian komponen. Pasalnya, sebagian airbag tersebut, berdasarkan tahun produksi tertentu, rentan melontarkan pecahan logam saat bekerja selepas benturan.

Kondisi itu berefek pada sejumlah kasus yang memakan korban. Dari sekian belas kasus, sebagian dari para korban itu meninggal dunia.

Baca: Pahami, Sebab dan Efek Fatal Kerusakan Airbag Takata!

Toyota Astra kemudian menanggapi kampanye ini dengan mengadakan program layanan penggantian komponen airbag Takata. Program special service campaign (SSC) Toyota Safety Campaign 3P (Pastikan, Periksa, Perbaiki) ini pun bersifat gratis.

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai Airbag Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Para pemilik Toyota yang terdaftar sebagai pembeli atau konsumen bengkel resmi akan dihubungi sesegera mungkin, termasuk melalui telepon.

Baca: Belum Dihubungi Toyota untuk Ganti "Airbag" Takata? Ini Penjelasannya

Lantas bagaimana jika mobil sudah berganti pemilik? Apakah konsumen mobil Toyota tangan kedua itu masih bisa ikut dalam program gratis ini?

Pertanyaan itu dijawab oleh Iwan Abdurahman, Workshop Department Head Technical Service Division Toyota Astra Motor.

“Pada dasarnya, selama kendaraan terlibat aktivitas ini, siapa pun yang menggunakannya saat ini, kami sangat menyarankan untuk dapat mengikuti program ini, demi keamanan dan kenyamanan penggunanya. Perbaikan ini tetap gratis walau sudah ganti kepemilikan kendaraan,” ujar Iwan Abdurahman.

Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.Dimas Wahyu Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.

Untuk mengetahui apakah mobil konsumen perlu penggantian komponen airbag, Toyota sudah menyiapkan halaman khusus di internet untuk melakukan pengecekan berdasarkan nomor rangka mobil di alamat toyota.astra.co.id/ssc.

Baca: Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya...

Sebagai informasi, pihak Toyota Astra Motor meneruskan data Takata bahwa penggantian komponen airbag ini berlaku untuk 97.978 mobil Toyota. Jumlah itu melengkapi data sebelumnya yang sebesar 40.280 unit.

Angka-angka tersebut terbagi untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).

Baca: Gratis Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota, Paling Lama 3,5 Jam

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorDimas Wahyu
Komentar