Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Pepet Avanza, Salip Mobilio, Ertiga dan Xenia di November

Kompas.com - 14/12/2017, 07:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomtoif – Perlahan-lahan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mulai perbesar pasokan Xpander. Sampai saat ini pesanan LMPV merek tiga berlian itu sudah tembus di angka 40.000 unit, sejak diperkenalkan Agustus 2017.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada November 2017 wholesales Xpander 4.882 unit. Capaian tersebut membuat posisinya tepat berada di bawah pemimpin pasar, Avanza.

Meski begitu, gap atau selisihnya cukup jauh di mana pasokan Avanza di November mencapai 10.070 unit. Pencapaian Xpander tersebut, melampaui perolehan Suzuki Ertiga (3.940 unit), Daihatsu Xenia (3.758 unit) dan Honda Mobilio (2.155 unit).

Sebelumnya, Mitsubishi Xpander terekam pada September hanya memasok 1.096 unit, sementara pada Oktober 2.351 unit. Terdapat kenaikan secara bertahap bulan demi bulan, seiring dengan peningkatan volume produksinya.

Baca juga : Toyota Tebar “Psywar” pada MPV Baru Mitsubishi

Wholesales LMPV November 2017 (dioleh dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales LMPV November 2017 (dioleh dari data Gaikindo).

Sementara pemain lain dari negeri China, Wuling, pasokannya di bulan kesebelas hanya di angka 803 unit. Angkanya menurun dibandingkan bulan sebelumnya Oktober yang mencapai 903 unit.

Mulai Mengancam

Xpander yang mulai merangkak naik, seharusnya menjadi ancaman buat Avanza meski masih cukup jauh gap-nya. Namun, bukan tidak mungkin ke depan selisih angkanya semakin tipis, tentu jika Xpander sanggup menjaga momentum dan terus memenuhi ekspektasi konsumen.

Jadi kembali ingat perang psikologi atau Psychological Warfare (psywar) yang dilontarkan Toyota pada Xpander sebelum model tersebut lahir. Bahkan Toyota menyebut target Xpander menguasai pangsa pasar 20 persen tak akan sampai.

Namun kenyataannya saat ini,  Xpander pada bulan kesebelas 2017 atau empat bulan sejak kemunculannya sudah berada di angka 18,25 persen seperti bisa dilihat pada diagram berikut. Mungkinkan ini akan terus bertambah? Menarik ditunggu.

Pangsa pasar LMPV November 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Pangsa pasar LMPV November 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com