Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Genjot Pengembangan IKM Komponen Otomotif Lokal

Kompas.com - 12/12/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah mulai menangkap dan merespon industri otomotif dalam negeri yang sentimennya bergerak positif. Dorongan kali ini dilakukan melalui upaya membuat mapan Industri Kecil dan Menengah (IKM) komponen otomotif lokal.

Kementerian Perindustrian pada Senin (11/12/2017) memfasilitasi 70 IKM komponen otomotif yang berasal dari beberapa sentra Pulau Jawa, bekerja sama dengan 30 pemasok Agen Pemegang Merek (APM). Tujuannya agar IKM dan industri besar bisa saling bersinergi, yang harapannya menguntungkan kedua belah pihak.

“Dari sini, IKM bisa dapat kepastian pasar dan pasokan bahan baku, serta mendorong mereka melakukan perbaikan kualitas dan kuantitas, sistem manajemen, peningkatan SDM, akses informasi, teknologi, perizinan dan hal lainya sehingga lebih berdaya saing,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Link and Match IKM Komponen Otomotif dengan Supplier, Senin (11/12/2017).

Saat ini ada 416 sentra IKM komponen otomotif yang tersebar di Kabupaten Tegal, Klaten, Purbalingga, Sidoarjo, Juwana, Pasuruan, Sukabumi, dan Bandung. Kemudian terdapat juga sekitar 123 IKM tergabung dalam Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO).

Baca juga : Langkah Kemenperin buat Topang Mobil Perdesaan

Ilustrasi komponen otomotif.Ghulam/KompasOtomotif Ilustrasi komponen otomotif.

Gati Wibawaningsih, Dirjen IKM mengatakan, IKM komponen otomotif merupakan salah satu mata rantai dalam siklus bisnis industri kendaraan di Indonesia. Sinergi yang baik antara industri besar dengan IKM komponen otomotif, bisa juga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Demi mendukung hal tersebut, diperlukan kemauan yang kuat dari semua pihak dan stakeholder terkait, bersama-sama mendorong IKM yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan,” kata Gati.

Selain IKM yang tergabung dalam sentra tersebut, pemasok APM juga turut diundang dalam ajang perjodohan tersebut, di antaranya PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Astra Daihatsu Motor, dan Astra Honda Motor, yang turut memerlihatkan komponen otomotif yang potensial untuk disuplai oleh IKM.

Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Endang Suwartini berharap, terjalinnya komunikasi ini, bisa membuka akses pasar bagi produk IKM di industri otomotif dalam negeri. Lalu juga jadi sarana pertukaran informasi mengenai teknologi permesinan, peningkatan kemampuan SDM, manajemen mutu maupun peluang pasar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com