Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Biasakan Bonceng Anak dengan Posisi Berdiri di Motor

Kompas.com - 11/12/2017, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Para orang tua terkadang sering membonceng anak kecil dengan posisi berdiri di jok sepeda motor. Mungkin maksudnya baik, agar sang buah hati terhibur dan bisa melihat ke arah depan.

Tahukah Anda, bahwa hal tersebut sangat berbahaya. Bukan untuk anak kecilnya saja, melainkan orang lain di sekitar. Kemungkinan terjatuh bahkan hingga cedera serius cukup tinggi.

Seperti yang sedang ramai dibicarakan di internet. Video yang diunggah akun instagram @polantasindonesia tentang pemotor membonceng anak wanita dengan posisi berdiri di atas jok, mengundang banyak perhatian masyarakat.

 

Sirkus jalanan ????

A post shared by POLISI LALU LINTAS INDONESIA (@polantasindonesia) on Dec 7, 2017 at 7:29pm PST

Kesalahan pertama jelas, orang tuanya mengizinkan anaknya berdiri di atas jok. Lalu, keduanya juga tidak menggunakan helm, padahal pelindung kepala ketika naik motor itu menempel di bagian depan pengendara.

Belum lama ini Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) pernah menjelaskan bahwa apabila pengendara terganggu kestabilannya, otomatis bisa memicu terjadinya insinden yang cukup fatal.

Baca juga: Edukasi Tertib Lalu Lintas Masih Sebatas Slogan

"Bukan mustahil bisa menimbulkan luka fisik maupun traumatik buat sang anak," kata Edo kepada KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Mulai sekarang, jangan lagi membonceng anak dengan posisi seperti itu. Meskipun di bagian belakang ada ibu atau orang lain, tetap saja berbahaya buat diri sendiri dan pengendara lain di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com