Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Peraih IRSA Award 2017 Dijanjikan Hadiah Bus

Kompas.com - 08/12/2017, 16:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kementerian Perhubungan menjanjikan hadiah bus untuk daerah-daerah yang baru saja meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017.

Belum diketahui berapa unit bus yang akan diterima oleh masing-masing daerah. Yang pasti, pemerintah kota dan pemerintah kabupaten dari daerah pemenang dipersilahkan mengajukan proposal ke Direktorat Angkutan dan Multimoda Kemenhub.

Baca juga : IRSA 2018 Harus Lebih Banyak Kota Peserta

"Jumlahnya belum ditentukan. Tetapi proposal harus diajukan terlebih dahulu dan itu nantinya akan diproses oleh Direktorat Angkutan dan Multimoda," kata Ahmad Yani, Direktur Pembinaan Keselamatan dari direktorat yang bersangkutan kepada KompasOtomotif, Jumat (8/12/2017).

Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro saat menyerahkan penghargaan kepada 23 daerah yang menjadi finalis dalam ajang Indonesia Road Safety Award 2017, di Jakarta, Kamis (7/12/2017). Ajang IRSA merupakan wujud apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. KompasOtomotif/Alsadad Rudi Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro saat menyerahkan penghargaan kepada 23 daerah yang menjadi finalis dalam ajang Indonesia Road Safety Award 2017, di Jakarta, Kamis (7/12/2017). Ajang IRSA merupakan wujud apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.

IRSA adalah ajang yang diadakan sebagai apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Untuk tahun ini, tercatat ada 120 kota dan kabupaten yang ikut berpartisipasi.

Baca juga : Surabaya Jadi Pionir Surat Tilang Dikirim ke Rumah

Dari jumlah tersebut, 23 daerah menjadi finalis untuk beberapa kategori. Pada acara pengumuman yang digelar Kamis (7/12/2017), ada enam daerah yang terpilih sebagai pemenang. Ada satu daerah yang memenangi lebih dari satu penghargaan, seperti Surabaya dan Semarang.

Berikut daftar daerah peraih IRSA 2017:

- Tangerang
Pemenang daerah dengan tata kelola keselamatan jalan terbaik untuk kategori kota dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

- Semarang
Pemenang daerah dengan tata kelola keselamatan jalan terbaik untuk kategori kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah.

Pemenang kota atau kabupaten terbaik dalam upaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum.

Pemenang kota atau kabupaten dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan.

- Pekalongan
Pemenang daerah dengan tata kelola keselamatan jalan terbaik untuk kategori kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

- Bangka
Pemenang daerah dengan tata kelola keselamatan jalan terbaik untuk kategori kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk rendah.

- Surabaya
Pemenang kategori "excellent city".

Pemenang kota atau kabupaten terbaik dalam upaya menurunkan rata-rata angka kecepatan kendaraan.

- Bogor
Pemenang kota atau kabupaten terbaik dalam upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com