Honda Genjot Ekspor Sepeda Motor

Kompas.com - 08/12/2017, 11:02 WIB
Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kiri) berbincang dengan Executive Vice President Director AHM Johannes Loman (kiri) disaksikan  Chief Operating Officer fot Motorcycle Operation of Honda Motor CO., Ltd Shinji Aoyama (kedua kanan), dan President Director AHM Toshiyuki Inuma (kanan) ketika mencoba motor Honda CBR1000RR pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17 ANTARA FOTO/SaptonoPresiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kiri) berbincang dengan Executive Vice President Director AHM Johannes Loman (kiri) disaksikan Chief Operating Officer fot Motorcycle Operation of Honda Motor CO., Ltd Shinji Aoyama (kedua kanan), dan President Director AHM Toshiyuki Inuma (kanan) ketika mencoba motor Honda CBR1000RR pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17
|
EditorAzwar Ferdian

Semarang, KompasOtomotif - Ekspor dalam keadaan utuh alias completely built up (CBU) sepeda motor Honda dari Indonesia sampai akhir 2017 ditargetkan tembus 100.000 unit. Selama 10 bulan (Januari-Oktober) sudah mencapai 95.741 unit atau meningkat 47,8 persen dari tahun lalu 64.737 unit.

PT Astra Honda Motor ( AHM) sebagai agen pemegang merek (APM) motor Honda di Indonesia, menargetkan ekspor tahun depan meningkat 40-50 persen dari 2016. Artinya, jika mengacu pada target 2017, maka tahun depan merek motor asal Jepang itu diharapkan bisa mengirim motor secara utuh sekitar 140.000 atau 150.000 unit ke negara lain.

“Pastinya kami akan lakukan yang terbaik dengan semakin kompetitifnya AHM. Kita akan ekspor terus apalagi ada peluang untuk masuk atau kuasai pasar ASEAN,” kata David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM, di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

Baca juga: Ekspor Sepeda Motor Honda Melesat

Negara ekspor yang dituju AHM sekarang ini seperri Filipina,dan Bangladesh. Bahkan untuk motor yang dikirim dalam bentuk terurai utuh (completely knocked down/CKD) dilakukan ke negara Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Model Baru

Motor yang diekspor AHM ke negara tersebut seperti BeAT, CBR150R dan CBR250RR. Ketika ditanya adakah model lain yang akan mulai dikirim ke luar negeri?

David belum mau membocorkan, menurut dia tergantung dari permintaan dari masing-masing negara. “Kita lihat juga bagaimana perkembangannya tahun depan,” ucap dia.

Tahun ini, AHM juga sudah menambah line-up produk yang diproduksi di dalam negeri, yaitu CRF150R. Bahkan, 2018 dipastikan bertambah lagi melalui model skutik gambot PCX.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X