Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Belum Konglomerat Kalau Tidak Punya Lexus”

Kompas.com - 07/12/2017, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kenyataan bahwa banderol setiap model lebih dari Rp 1 miliar bikin anggapan Lexus adalah mobil lambang orang kaya benar adanya. Bahkan, General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja sampai meyakini tidak ada konglomerat di Indonesia yang belum punya Lexus.

Operasi bisnis Lexus Indonesia memang unik. Berkali-kali Adrian mengatakan fokus divisi di bawah kordinasi Toyota Astra Motor ini bukanlah tentang seberapa banyak menjual unit, tetapi membangun merek yang dipercaya orang kaya.

Hal itu tidak mudah, karena melayani konsumen yang mau mengeluarkan uang Rp 1 miliar buat membeli mobil itu harus dengan perlakuan khusus. Layanannya sampai ke tingkat sangat detail, bukan lagi soal untung-rugi tapi kepuasan hati konsumen.

Lexus RX Lexus RX

Baca: Lexus Cari Orang Kaya di Luar Jawa

“Sekarang kami sudah masuk ke hati konglomerat di Indonesia, sepertinya memang enggak ada konglomerat Indonesia yang enggak punya Lexus,” ucap Adrian, di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Tahun ini Lexus Indonesia sudah beroperasi selama 10 tahun di dalam negeri. Usia itu masih tergolong muda, namun Adrian mengatakan sampai 10 tahun ke depan orientasi masih tetap sama, yaitu membangun citra merek yang menginspirasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com