Kompas.com - 07/12/2017, 07:22 WIB
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
— Kinerja ekspor sepeda motor oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dipastikan bakal melesat sampai akhir 2017. Sepanjang Januari-Oktober 2017, jumlah sepeda motor Honda yang sudah diekspor dari Indonesia dalam keadaan utuh (completely built up/CBU) tercatat 95.741 unit, naik 47,8 persen dibandingkan tahun lalu 64.737 unit.

Sampai akhir tahun, ekspor CBU ditargetkan bisa melampaui 100.000 unit. Untuk ekspor CBU, Honda masih mengandalkan skutik entry level, BeAT Pop.

“CBU, AHM masih mengandalkan dua negara tujuan, yakni Filipina dan Bangladesh,” kata David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM, kepada KompasOtomotif, Rabu (6/12/2017).

Selain CBU, AHM juga mengirim sepeda motor dalam bentuk terurai penuh (completely knocked down/CKD) ke sejumlah negara yang lebih banyak. Pengiriman ekspor CKD, AHM mengandalkan model sport andalan, CBR150R dan CBR250RR ke Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Baca juga: AISI Genjot Target Ekspor Sepeda Motor 2017

Honda BeAT yang diekspor ke Filipina mengandung 98,8 persen komponen lokal.AHM Honda BeAT yang diekspor ke Filipina mengandung 98,8 persen komponen lokal.

“Untuk total CKD, target kita 150.000 unit sampai akhir tahun, sementara tahun lalu hanya 106.000 unit,” kata David.

Lonjakan ekspor AHM, kata David, merupakan wujud komitmen perusahaan demi mendukung perekonomian Indonesia. Selain itu, lewat ekspor, menjadi bukti bahwa sepeda motor rakitan Indonesia sudah berstandar global dan diterima di negara-negara maju.

“Hasil ekspor ini juga merupakan hasil kontribusi seluruh 23.000 karyawan AHM yang bekerja setiap hari,” ucap David.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.