Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor "Kustom" Anak Bangsa Kibarkan Merah Putih di Yokohama

Kompas.com - 04/12/2017, 16:44 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sembilan sepeda motor kustom karya delapan builder Indonesia sukses mencuri perhatian pada ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2018 di Jepang. Bahkan, beberapa diantaranya diganjar penghargaan bergengsi.

Dari sembilan motor yang tergabung di Kustomfest Indonesian Attack, dua diantaranya mendapat apresiasi yang cukup membanggakan.

Pertama adalah "Paing Sadewa". Motor garapan Puspa Kediri Custom ini sukses menyandang gelar Chopper Journal Awards sebagai motor terbaik pilihan Chopper Jurnal.

Aya Sofia selaku builder Puspa Kediri merancang bangun motor tersebut menggunakan basis Honda CBR 250 cc lansiran 2014. Mengusung konsep Boardtrack, semua komponen asli CBR ditelanjangi dan hanya menyisahkan mesin serta sistem pengerman saja.

Baca : 9 Motor Custom Indonesia Bakal Mendunia

Paing Sadewa Honda CBR 250R karya Puspa Kediri sabet penghargaan Chopper Journal Awards di Yokohama.Istimewa Paing Sadewa Honda CBR 250R karya Puspa Kediri sabet penghargaan Chopper Journal Awards di Yokohama.

Mulai dari sasis, kaki-kaki, tangki, jok dibuat ulang menyesuaikan tampilan Boardtrack. Tidak hanya itu saja, sistem injeksi juga diganti menggunakan sistem konvensional, yakni karburator.

Terakhir nuansa kultur Jawa ikut disematkan berpadu padan dengan sentuhan akhir dari kelir hijau tosca.

Baca : Chopper Queen Lekha Wakili Indonesia di Italia

Motor kustom lain yang mendapat penghargaan di ajang Yokohama Hot Road Custom Show adalah karya builder asal Yogyakarta, Queen Lekha Choppers. Dengan hasil rancang bangun karya Yayack, motor bernama "Dirty Majesty" menerima penghargaan Free Kustom Cycles Mooneyes Spain Award.

Chopper Dirty Majesty Queen Lekha, sabet gelar Free Kustom Cycles Mooneyes Spain Award di YokohamaIstimewa Chopper Dirty Majesty Queen Lekha, sabet gelar Free Kustom Cycles Mooneyes Spain Award di Yokohama

Yayack membangun Dirty Majesty menggunakan Harley Davidson Sportster. Meski memiliki juluki dirty yang artinya kotor, namun tampilannya jauh dari kesan tersebut.

Hampir seluruh sektor dilapis kilau krom, mulai dari rangka hingga bagian kaki. Sementara untuk tangki, cover samping, serta spakbor belakang di kelir warna cerah agar nuansanya makin hidup.

Prestasi karya pengrajin kuda besi lokal ini pun mendapat apresiasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Dalam akun resmi instagram @bekrafd4, mengucapkan "Hebat, teman-teman custom cycle builders dengan award dari Yokohama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com