Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Biker Lawan Arah, Jangan Dilawan

Kompas.com - 29/11/2017, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat pengemudi di jalan yang benar, kadang bisa kesal dengan kebiasaan biker yang melawan arus. Walau bisa sampai bikin naik pitam, pengemudi tidak diperkenankan bertindak negatif.

Dari kacamata defensive driving  justru yang harus dilakukan yaitu mengalah dan menghindar. Direktur Jakarta Defensive Driving Center Jusri Pulubuhu menjelaskan, tidak perlu sampai menegur biker yang melawan arah karena bukan kewenangan pengemudi.

“Nanti malah bukan menyelesaikan masalah, malah menambah masalah,” kata Jusri saat dihubungi, Selasa (28/11/2017).

Dari kejauhan sebuah angkot nampak mengambil jalut melawan arah dari Mangga Dua menuju Stasiun Kota. Pak ogah di lokasi memungut setoran dari para sopir angkot. Selasa (2/9/2014).Kompas.com/Robertus Belarminus Dari kejauhan sebuah angkot nampak mengambil jalut melawan arah dari Mangga Dua menuju Stasiun Kota. Pak ogah di lokasi memungut setoran dari para sopir angkot. Selasa (2/9/2014).

Ada empat poin yang diutarakan Jusri untuk diingat pengemudi saat menghadapi biker melawan arah, yaitu berpikir keselamatan yang utama, kecelakaan akan merugikan semua yang terlibat, mengalah, dan menilai pengguna jalan lain benar atau salah bukan tugas pengemudi.

Urusan kita sebagai pengguna jalan adalah menjauhi konflik dan kecelakaan. Jalanan adalah lokasi tempat berkumpulnya segala macam masalah, berpikir bijak merupakan hal utama untuk mencapai selamat sampai tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com