Investasi Sisa Rp 7 Triliun, TMMIN Pakai Kembangkan Produk Baru

Kompas.com - 29/11/2017, 14:22 WIB
Toyota Sienta diproduksi di Plant II milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawarang, Jawa Barat. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)Toyota Sienta diproduksi di Plant II milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawarang, Jawa Barat.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyoto Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sejak 2015 lalu berkomintmen untuk terus guyur investasi di dalam negeri. Sampai 2019 dana yang mengalir diestimasi sampai Rp 25 triliun.

Warih Andang Tjahjono , Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), sebelumnya merencanakan hanya Rp 20 triliun saja. Namun, dirinya menyebut investasi diperkirakan bertambah Rp 5 triliun.

“Dana yang sudah terpakai saat ini sebesar Rp 18 triliunan. Kami estimasi sampai Rp 25 triliun sampai tahun 2019,” ujar Warih saat dijumpai pada FGD Membangun Industri Nasional Berkelanjutan, yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Senin (27/11/2017).

Baca juga : Toyota Sebut Insentif Vokasi Gairahkan Industri Lokal

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.Istimewa PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Jadi hingga 2019 nanti, setidaknya masih ada sisa Rp 7 triliunan untuk digunakan. Saat menanyakan soal alokasinya, Warih menjawab kalau Toyota memprioritaskan pengembangan produk, menggunakan sisa dari total investasinya.

“Untuk produk apa kami belum bisa membicarakannnya,” ujar Warih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Investasi Lebih Besar

Warih menambahkan, kalau invetasi saat ini masih belum seberapa dengan yang selanjutnya akan dikucurkan, setelah 2019. Namun informasi hanya sampai situ, Warih enggan untuk menyebutkan jumlah dan alokasinya.

“Investasi yang besar lagi nanti setelah 2019. Namun nanti kita bicarakan lagi tahun depan,” ujar Warih. Namun di satu kesempatan Warih sempat nyeletuk, kalau dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan listrik atau hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.