Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Honda Manjakan Komunitas

Kompas.com - 28/11/2017, 17:02 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ada beragam alasan bagi seseorang memilih ikut ke dalam suatu komunitas. Menyalurkan hobi dan menambah relasi merupakan dua alasan di antara banyak alasan lainnya.

Selain itu, ada juga yang berfikiran bahwa dengan bergabung dalam suatu komunitas tertentu akan mendapat keuntungan. Misalnya, mendapatkan  informasi terbaru hingga dispensasi harga perlengkapan tambahan atas produk yang telah dibeli.

Namun bagi Honda, tidak ada perlakuan khusus atau memprioritaskan komunitas tertentu. Apalagi soal potongan harga atau diskon. Hal ini juga berlaku bagi "komunitas premium" produk Honda, yakni R Club atau komunitasnya para pemilik Civic Type R. Meskipun, dalam proses pembentukannya Honda ikut terlibat.

"Komunitas Civic Type R yang bentuk main dealer, kami bantu sedikit," kata Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, saat ditemui di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, (26/11/2017).

Baca juga : Komunitas Mobil Rp 1 M Melenggang di Sentul

Komunitas para pemiliki Civic Type R, R Club, berkumpul di Sirkuit International Sentul, Minggu (26/11/2017).Honda Prospect Motor (HPM) Komunitas para pemiliki Civic Type R, R Club, berkumpul di Sirkuit International Sentul, Minggu (26/11/2017).

Menurut Jonfis, Honda akan memberikan apa pun yang bisa diberikan kepada komunitas, sama seperti konsumen lainnya. Meskipun tak ada perlakuan khusus, namun bukan berarti mengesampingkan keberadaan komunitas tersebut.

Misalnya, ada penyelenggaraan suatu acara dan acara tersebut berkaitan dengan satu komunitas tertentu. Pada kemudiannya, komunitas itu akan diundang untuk hadir.

Seperti Gathering Nasional pertama R Club yang bertajuk "Sunday Circuit Driving dengan Honda Civic Type R". Di sela-sela agenda seri terakhir Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), Minggu (26/11/2017) kemarin, Honda memberikan kesempatan para anggota R Club menjajal kendaraannya mencicip sirkuit sentul.

Baca juga : Toyota Kenalkan Rush ke Komunitas

"Kami penuhi yang bisa kami lakukan, misalnya mau mengadakan program dengan tim CSR (Corporate Sosial Responsibility) atau kegiatan tujuan apa pun, kalau bisa kami suport, ya kami suport," kata Jonfis.

Begitu juga terkait informasi seputar produk-produk Honda, termasuk yang terbaru. Jika komunitas meminta, kata Jonfis, pihaknya akan memberikan akses.  "Misalnya, ada anggota komunitas, 'saya ingin tahu teknologi ini', kami bisa bantu kasih tahu mereka," kata Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com