BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Honda Mobil

"Road Trip" Liburan Akhir Tahun, Pilih-pilih Mobil Baru...

Kompas.com - 27/11/2017, 07:01 WIB
Salah satu sudut spot sunset pantai di Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Salah satu sudut spot sunset pantai di Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

KOMPAS.com - Pernah terpikir ide untuk road trip pada musim liburan nanti? Naik mobil keliling kota-kota di Jawa misalnya. Melaju di antara jajaran rindang pohon di jalur alternatif, menuju tempat makan unik yang sudah dicatat, dan mencari tempat wisata yang sedang ramai di Instagram....

Terlebih lagi, banyak penginapan alternatif yang punya sajian unik belakangan ini. Tempat-tempat semacam itu tumbuh karena kebanyakan orang Indonesia kini memang sedang senang-senangnya jalan-jalan.

Baca: 5 Obyek Wisata Anti-Mainstream untuk Liburan Akhir Tahun

"Masyarakat mulai bergeser dari konsumsi non-leisure ke leisure, jadi ada indikasi yang kuat konsumsi leisure pada kuartal ini lebih kuat," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto, Senin (6/11/2017).

Baca: BPS: Masyarakat Lebih Senang Travelling ketimbang Belanja

Saat road trip, kita bisa berhari-hari di jalan dan mengarah sesuka kita. Oleh karenanya, model mobil yang dipakai perlu diperhatikan karena ini jadi poin penting, apalagi kalau nantinya kita ketagihan road trip.

"Berapa orang yang akan ikut di mobil? Jalanan seperti apa yang akan dilewati? Apakah kita akan sering bepergian? Apakah perjalanannya lumayan jauh? Seberapa lengkap perangkat keselamatan yang diinginkan?" begitu kira-kira saran Ronald Montoya, penulis di Edmunds.com, soal pertimbangan beli mobil.

Mau dipakai keluar kota oke, tetapi pasti dipakai harian juga di lalu lintas padat. Makanya, ada pertimbangkan faktor hemat tetapi yang larinya kuat, seperti mesin i-VTEC Honda yang terhubung ke transmisi otomatis CVT Earth Dreams Technology. Jadi, catat saja dulu kebutuhannya, seperti kata Ronald.

Eksplorasi Pantai Ngrenehan bersama Honda BR-VHPM Eksplorasi Pantai Ngrenehan bersama Honda BR-V
Kalau nantinya memang jadi doyan road trip, pertimbangan lainnya mungkin begini. Mobil itu ibaratnya akan jadi rumah berjalan selama trip. Artinya, cari mobil yang nyaman.

Tren dan pilihan mobil

Tiap tahun, Indonesia kedatangan mobil-mobil baru dengan berbagai model. Namun kalau bicara favorit, pilihan terbanyak saat ini masih jenis kendaraan minibus atau dikenal dengan low multi-purpose vehicle (LMPV).

Dalam data penjualan Gaikindo untuk Januari-Oktober 2017, model LMPV secara dominan terjual sebanyak 206.007 unit dari total penjualan semua model sebanyak 898.163 mobil. Sementara itu, model mobil favorit selanjutnya adalah low SUV.

Minat ke low SUV atau entry SUV—menurut JD Power Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) 2016 lalu—memang sedang tumbuh. Pangsa pasarnya dalam tiga tahun terakhir menjadi 16 persen (2016) dari sebelumnya hanya 8 persen (2014).

“Meskipun industri otomotif Indonesia sedang menghadapi saat-saat sulit, sangat menggembirakan bisa melihat entry SUV menantang tren ini dengan volume penjualan yang baik,” ujar Kaustav Roy, Director JD Power.

Baca: Model “Entry SUV” Semakin Populer di Indonesia

Pandangan JD Power soal faktor ekonomi memang sedikit menyentuh. Terlebih lagi dalam surveinya itu, mereka mendapatkan informasi bahwa para pembeli SUV di sini rata-rata rela menghabiskan 21 bulan pendapatan, dibandingkan model mobil lainnya dengan rata-rata 18 bulan pendapatan.

Maunya punya mobil yang keren dan nyaman buat road trip, tetapi "galau" kalau terpikir soal budget. Tidak sinkron memang.

Saran yang bisa diambil dalam hal ini adalah memanfaatkan program-program dari produsen mobil. Contohnya, bulan November hingga Desember 2017 ini, Honda memberikan berbagai program penjualan untuk wilayah Jabodetabek.

Programnya seperti bunga rendah mulai dari 3 persen, cicilan rendah mulai Rp 1 jutaan, paket bunga 0 persen sampai 3 tahun, gratis cicilan 6 bulan pertama, atau uang muka mulai Rp 17 jutaan untuk pembelian New Honda Mobilio ataupun Honda BR-V. Program penawaran lainnya juga ditawarkan di kota-kota berbeda.
 

Test drive Honda New Mobilio di Pulau BaliHPM Test drive Honda New Mobilio di Pulau Bali

Selain itu, Honda juga memberikan gratis biaya perawatan berkala selama 3 tahun atau 50.000 km untuk jasa dan suku cadang. Jadinya, konsumen tidak perlu pusing soal biaya perawatan di bengkel.

Terlebih lagi, dua mobil ini punya postur duduk yang ergonomis, tetapi punya tiga baris bangku sehingga nyaman, lega, dan bisa bawa perbekalan. Ruang kabinnya juga lapang dan lega. Pendek kata, dua-duanya cocok jadi mobil road trip.

Tinggal pilih tujuan, berani sejauh apa? Kalau butuh melakukan perawatan di bengkel, tidak perlu khawatir karena jaringan dealer 3S (sales, service, dan spare parts) Honda tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Untuk mengetahui program penjualan dari Honda di wilayah terdekat, klik di sini. Syarat dan ketentuan berlaku untuk program tersebut.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorDimas Wahyu
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya