Kompas.com - 24/11/2017, 15:42 WIB
Toyota C-HR di GIIAS 2017 Febri Ardhani/OtomaniaToyota C-HR di GIIAS 2017
|
EditorAzwar Ferdian

Washington, KompasOtomotif -  Kampanye penarikan kembali untuk diperbaiki atau istilah umumya recall, baru saja dipublikasi oleh Toyota Amerika Utara untuk dua modelnya C-HR model year 2018 dan Prius PHEV tahun 2012-2015.

Keduanya mengalami kerusakan berbeda dan program recall terpisah. Mengutip Carscoops, Jumat (24/11/2017) total unit yang ditarik mencapai 28.600 unit. Masalahnya terjadi pada rem parkir elektrik yang sewaktu-waktu bisa terganggu, di mana ini menimbulkan risiko dan tak sesuai dengan standar keselamatan.

Terkait dengan perbaikannya, akan dilakukan melalui pembaruan unit kontrol elektronik (electronic control unit/ECU). Perbaikan tidak akan dikenakan biaya, alias gratis, dan akan menerima pemberitahuan pada akhir bulan ini.

Baca juga : Toyota C-HR Sudah Resmi Diproduksi

Prius merupakan mobil hibrida terlaris di dunia.Agung Kurniawan Prius merupakan mobil hibrida terlaris di dunia.

Kemudian soal recall kedua meliputi 39,900 unit Prius Plug-In Hybrid, yang masalahnya adalah pengemudi kerap terjebak di model mode EV (electric vehicle) terutama pada kondisi jalan yang berat seperti tanjakan, di mana bisa menimbulkan kerusakan pada sekering.

Jika ini terjadi, lampu peringatan dan pesan peringatan akan menyala di kabin, dan dalam beberapa kasus mobil kan mengalami pengurangan daya. Namun, dalam keadaan yang lebih ekstrem, sistem hibrida bisa shut down, mengakibatkan hilangnya tenaga.

Toyota akan melakukan penggantian sekeringnya dengan unit baru tanpa biaya di mana surat pemberitahuannya akan dikirimkan pada Januari 2018. Jika ditotal, unit yang mengalami penarikan kembali tersebut mencapai 68.500 kendaraan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.