Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2017, 09:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Rush masuk ke segmen low sport utility vehicle (LSUV) di pasar otomotif nasional. Pesaingnya mulai dari sang kembaran, yaitu Daihatsu Terios, selanjutnya Honda BR-V, hingga Suzuki SX4 S-Cross.

Bukan hanya itu, sebenarnya ada satu lagi model low multi purpose vehicle (LMPV) pendatang baru, yakni Mitsubishi Xpander. Mitsubishi mengklaim bahwa "mobil sejuta umatnya" itu mengusung konsel MPV yang punya tampilan layaknya crossover, karena punya tampilan sporty ditambah ground clearance tinggi.

Setelah hadir genenerasi terbaru, PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga mengklaim kalau Rush merupakan "the real SUV". Secara spesifikasi sudah memenuhi aspek, salah satunya punya ground clearance tinggi, yaitu 220 mm.

Baca juga: Desain Baru, Target Jualan Rush Juga Naik

"Jadi SUV lain atau yang ngaku-ngaku SUV sudah ketinggalan sama Rush terbaru ini," ucap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) saat berbincang dengan KompasOtomotif di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017).

Menurut pria yang akrab disapa Soerjo, jarak lantai ke tanah pada Rush teranyar ini telah ditambah 20 mm, sehingga total menjadi 220 mm. Angka itu paling tinggi di antara rival di kelasnya, sehingga mampu melewati segal medan jalan.

Toyota All-New RushFebri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Rush

"Selain performa karena mesin baru, mau di jalan berlubang juga tidak masalah. Semuanya menjadikan SUV lain ketinggalan oleh kami, banyak keunggulan yang dimiliki Rush ini," ujar Soerjo.

Saingan dengan Xpander

Soerjo menjelaskan, secara segmen sudah jelas berbeda. Menurut dia, masing-masing memiliki konsumen berbeda-beda, belum lagi dilihat dari sisi harga dipastikan berbeda.

"Jadi kami cukup percaya diri, target dari 2.200 per bulan saja untuk yang baru ini kita tingkatkan menjadi 2.500-3.000 unit per bulannya," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.