Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Mobil Berembun, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 22/11/2017, 11:22 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Lampu pada mobil merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan pemilik kendaraan, terlebih ketika musim hujan. Bisa saja kondisi sil atau mika kaca rumah lampu sudah tidak bagus atau bercelah.
 
Kondisi itu bisa menjadi jalan bagi masuknya air atau udara ke dalam casing lampu. Nantinya, akan membuat mika lampu menjadi berembun. Bahkan, bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu.
 
Jika sudah mendapati kondisi demikian, maka sebaiknya lampu tersebut dibongkar terlebih dahulu. Kemudian dibersihkan dan dikeringkan, lalu kembali dipasang rapat-rapat.
 
 
Fog lamp pada kendaraanSetyo Adi/Otomania Fog lamp pada kendaraan
"Dibersihkan dulu dalamnya, nanti direkatkan lagi, pakai lem. Jenis lemnya ada dua, kalau pakai lem basah perlu dipanasin. Kalau lem kering perlu diketrik (diketuk perlahan)," kata Dion Rangga, pemilik bengkel Dion Rangga Spec Rare Item di  Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2017).
 
Adanya embun atau air di dalam lampu bisa menyebabkan korsleting.  Kemudian, merusak jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam mobil.
 
"Kalau kena air bisa putus sekringnya, kalau ketemu setrum sama setrum akibat basah, jadi korslet," kata dia.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com