Mengapa Honda CRF150L Tanpa Versi Supermoto?

Kompas.com - 11/11/2017, 17:32 WIB
Honda CRF150L Motard Concept. Febri Ardani/KompasOtomotifHonda CRF150L Motard Concept.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Astra Honda Motor (AHM) cuma menawarkan satu varian CRF150L, mengapa begitu? Padahal bila dibandingkan kompetitor, Kawasaki, punya setidaknya lima varian KLX 150 dan bahkan ada satu varian khusus off-road (tanpa STNK) serta model lain bergaya supermoto, D-Tracker.

Rupanya cara pandang AHM berbeda. Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma menjelaskan versi supermoto, misalnya, dianggap sangat atraktif namun pertimbangannya konsumen bisa mengubah CRF150L sendiri menjadi seperti itu. Menghadirkan versi supermoto tidak masuk hitungan prioritas produksi massal, meski begitu tetap dipertimbangkan.

Honda CRF150L.Febri Ardani/KompasOtomotif Honda CRF150L.

Sejalan dengan maksud Inuma, AHM menghadirkan tiga contoh versi modifikasi CRF150L saat peluncuran. Salah satunya, yaitu konsep supermoto dengan ban aspal. Sedangkan sisanya bergaya enduro dan adventure.

Baca: Spesifikasi Lengkap Honda CRF150L

Bukan hanya soal produksi, sambung Inuma, divisi research and development (R&D) di Honda tidak bisa memikirkan versi lain CRF150L karena kapasitasnya terbatas. “Jadi kami mau membuat banyak, tetapi tidak bisa dilakukan bersamaan. Kami melakukannya satu per satu tergantung prioritas,” ucap Inuma, usai peluncuran CRF150L, di Tangerang Selatan, Kamis (9/11/2017).

Meski tidak punya pilihan lain, CRF150L dilengkapi spesifikasi penuh buat bersaing langsung dengan KLX150BF yang juga mengenakan suspensi depan upside down. Kelebihannya, CRF150L yang dilego Rp 31,8 juta lebih murah dari KLX150BF. 

Honda CRF150L Adventure ConceptFebri Ardani/KompasOtomotif Honda CRF150L Adventure Concept
Honda CRF150L Enduro ConceptFebri Ardani/KompasOtomotif Honda CRF150L Enduro Concept
Honda CRF150L Enduro ConceptFebri Ardani/KompasOtomotif Honda CRF150L Enduro Concept

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.