Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jutaan Yamaha RX King yang Beredar di Indonesia

Kompas.com - 08/11/2017, 09:02 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

 Jakarta, KompasOtomotif - RX King menjadi salah satu produk Yamaha dengan pencapaian penjualan terbaik. GM Aftersales & Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, mengatakan bahwa sejak diproduksi pertama kali di Indonesia sekitar tahun 1985 silam, motor sport 135cc ini terjual sebanyak 1.026.600 unit.
 
Bahkan setelah produksinya dihentikan pada Februari 2009, seiring kebijakan pemerintah tentang pengendalian polusi di area perkotaan khusunya DKI Jakarta, peminat RX King masih banyak.
 
"Kami sangat bangga karena hingga saat ini masih memiliki sangat besar penggemar fanatiknya, ini luar biasa untuk Brand Value Yamaha," kata Abidin kepada KompasOtomotif saat dihubungi, Selasa (7/11/2017).
 
 
Salah satu Motor RX King tahun 1995 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1995 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).
Menurut Abidin, tampilan RX King mencerminkan kegagahan untuk sebuah motor. Hal ini berdasarkan testimoni pengendara RX King yang dihimpun dipenghujung produksinya pada 2009.
 
Abidin menyampaikan, banyak pelanggan yang menceritakan bahwa RX-King merupakan motor yang tangguh, larinya cepat, mesinnya "bandel" alias tidak mudah rusak, dan tahan panas meski berada di tengah kondisi jalan yang macet. Selain itu, mempunyai power besar sehingga banyak juga digunakan untuk mengangkut beban berat.
 
Oleh karena itu, selama 24 tahun diproduksi pun penjualannya laris manis meski tampilannya hampir tidak berubah. Bahkan, kata Aibdin, RX-King menyandang rekor sebagai varian produk terlama yang mampu eksis di jagat otomotif nasional.
 
Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).

"Pada masa krisis moneter terjadi di Indonesia. RX-King yang kala itu memiliki pangsa pasar tertinggi di kelas motor sport, justru memberikan laba tertinggi bagi Yamaha. Pangsa pasar terbesar King berada di luar Jawa," kata Abidin.

Baca juga : Minat Berburu RX King, Perhatikan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com