Ada Jutaan Yamaha RX King yang Beredar di Indonesia

Kompas.com - 08/11/2017, 09:02 WIB
Motor RX King milik Aryo, jurnalis salah satu media televisi swasta. (Dokumentasi pribadi). Fachri FachrudinMotor RX King milik Aryo, jurnalis salah satu media televisi swasta. (Dokumentasi pribadi).
|
EditorAzwar Ferdian
 Jakarta, KompasOtomotif - RX King menjadi salah satu produk Yamaha dengan pencapaian penjualan terbaik. GM Aftersales & Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, mengatakan bahwa sejak diproduksi pertama kali di Indonesia sekitar tahun 1985 silam, motor sport 135cc ini terjual sebanyak 1.026.600 unit.
 
Bahkan setelah produksinya dihentikan pada Februari 2009, seiring kebijakan pemerintah tentang pengendalian polusi di area perkotaan khusunya DKI Jakarta, peminat RX King masih banyak.
 
"Kami sangat bangga karena hingga saat ini masih memiliki sangat besar penggemar fanatiknya, ini luar biasa untuk Brand Value Yamaha," kata Abidin kepada KompasOtomotif saat dihubungi, Selasa (7/11/2017).
 
 
Salah satu Motor RX King tahun 1995 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1995 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).
Menurut Abidin, tampilan RX King mencerminkan kegagahan untuk sebuah motor. Hal ini berdasarkan testimoni pengendara RX King yang dihimpun dipenghujung produksinya pada 2009.
 
Abidin menyampaikan, banyak pelanggan yang menceritakan bahwa RX-King merupakan motor yang tangguh, larinya cepat, mesinnya "bandel" alias tidak mudah rusak, dan tahan panas meski berada di tengah kondisi jalan yang macet. Selain itu, mempunyai power besar sehingga banyak juga digunakan untuk mengangkut beban berat.
 
Oleh karena itu, selama 24 tahun diproduksi pun penjualannya laris manis meski tampilannya hampir tidak berubah. Bahkan, kata Aibdin, RX-King menyandang rekor sebagai varian produk terlama yang mampu eksis di jagat otomotif nasional.
 
Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).

"Pada masa krisis moneter terjadi di Indonesia. RX-King yang kala itu memiliki pangsa pasar tertinggi di kelas motor sport, justru memberikan laba tertinggi bagi Yamaha. Pangsa pasar terbesar King berada di luar Jawa," kata Abidin.

Baca juga : Minat Berburu RX King, Perhatikan Ini



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X