Laporan Langsung Jepang

Indonesia Butuh Lima Tahun untuk Persiapan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 01/11/2017, 19:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, Kompas.com - Masa depan transportasi berada pada kendaraan dengan tenaga listrik. Ini setidaknya yang diyakini Mitsubishi sebagai salah satu produsen otomotif global.

Mitsubishi berharap Indonesia juga tidak ketinggalan untuk berada pada tren teknologi masa depan ini. Salah satu buktinya adalah pemberian prototipe mobil listrik sebanyak 10 unit untuk kepetingan penelitian di Indonesia.

Namun bicara mobil listrik erat kaitannya dengan pembangunan infrastruktur yang memadai. Kira-kira butuh berapa lama bagi negara seperti Indonesia untuk dapat menerima teknologi ini dengan baik?

"Kalau dari pengalaman kami, Indonesia harus sudah siap dalam lima tahun ke depan. Jika tidak akan terlambat untuk bergabung dengan tren kendaraan listrik," ucap Osamu Masuko, Chief Executive Officer MMC saat ditemui di sela Tokyo Motor Show (TMS) 2017 beberapa waktu lalu.

Baca : Lihat Langsung Detail Mitsubishi Eclipse Cross [VIDEO]

Teknologi electrik vehicle (EV) semakin lama akan semakin mudah digunakan. Osamu memberikan contoh produk Outlander PHEV dapat digunakan di semua wilayah Indonesia yang terdiri dari pulau besar dan kecil karena juga menggunakan mesin untuk mengisi daya baterai.

Selain itu jika selama ini perbandingan mengenai harga, Osamu optimis ke depan kendaraan listrik dapat terjangkau. Harga baterai setiap tahunnya menurun. Total suku cadang untuk kendaraan listrik jauh lebih sedikit dari kendaraan konvensional.

"Mesin konvensional 30.000 suku cadang, EV hany 24.000. Ke depan mesin akan hilang, tidak ada tangki juga transmisi. Efisien. Di Jepang, stasiun pengisian bahan bakar juga semakin sedikit, arahnya sudah ke sana," ucap Osamu.

Osamu mengungkapkan pembangunan infrastruktur memang mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Tapi hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat jalan menuju masa depan transportasi yang lebih baik.

Baca : Impresi Pertama Jajal Mitsubishi Eclipse Cross

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.