Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Komentar Rifat Sungkar Soal Eclipse Cross

Kompas.com - 31/10/2017, 19:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Pihak Mitsubishi mengundang beberapa media nasional untuk menjajal produk-produk global mereka di pabrik Okazaki, Jepang, Salah satunya adalah SUV terbaru Eclipse Cross yang diperkenalkan pertama kalinya untuk pasar Asia di Tokyo Motor Show (TMS) 2017 pekan lalu.

Dalam arena tes tertutup milik Mitsubishi tersebut, peserta mencoba SUV tersebut pada beberapa tipe lintasan. Pertama adalah lintasan slalom, kemudian lintasan berbagai jenis medan jalan dan terakhir adalah lintasan untuk menjajal kestabilan kendaraan dalam kecepatan tinggi di sirkuit pribadi milik Mitsubishi tersebut.

Salah satu peserta yang diajak pada pengetesan tersebut adalah pereli nasional, Rifat Sungkar. Seperti peserta lainnya, Rifat menjajal SUV yang dikenalkan perdana di ajang Geneva Motor Show awal tahun ini.

Salah satu yang menjadi perhatian Rifat adalah performa mesin 1.5L tubocharger dari Eclipse Cross. Ia menilai pengembangan mesin kecil dengan tenaga besar Mitsubishi sukses menghadirkan kesenangan berkendara bagi konsumen merek tiga berlian tersebut.

Baca : Mitsubishi Siapkan 11 Model Baru Hingga 2020

"Sensasinya begitu pedal gas ditekan, tidak ada yang namanya turbo lag yang biasa dirasakan pada mesin turbo. Mulai dari putaran bawah sampai atas terisi penuh. Saya sampai bertanya, meyakinkan pada pemandu ini adalah mesin 1.500 cc," ucap Rifat.

Selain pengembangan mesin yang sukses ditanamkan pada generasi baru SUV tersebut, Rifat juga menilai transmisi CVT yang digunakan membantu pengalaman berkendara yang lebih baik. Ia menilai transmisi yang mampu dibagi menjadi delapan tingkat percepatan tersebut juga responsif dengan perpindahan cepat sesuai keinginan pengendara yang dilakukan melalui paddle shift di belakang kemudi.

Rifat berharap produk ini dapat hadir di Indonesia, mengingat keinginan Mitsubishi secara global yang akan meluncurkan beragam produk baru beberapa tahun ke depan. Namun diakui Rifat, SUV ini harus mempertimbangkan banyak hal untuk hadir di Tanah Air.

"Pertama karena sistem penggerak empat rodanya yang canggih. Kita berharap ini akan jadi standar di produk Mitsubishi sehingga tidak ada pengurangan fitur. Tapi kembali lagi, pajak yang akan dikenakan cukup besar. Saya harap semoga tetap di datangkan oleh Mitsubishi Indonesia," ungkap Rifat.

Baca : Lihat Langsung Detail Mitsubishi Eclipse Cross [VIDEO]

Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.MMC Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.

Selain Eclipse Cross, rombongan media juga di berikan kesempatan menjajal produk Outlander PHEV terbaru serta teknologi baru yang akan digunakan pada produk masa depan Mitsubishi. Seperti apa? Kita simak pada artikel berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com