Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017 Jepang

Tidak Ada Lagi Lancer Evolution di Masa Depan

Kompas.com - 31/10/2017, 10:22 WIB
|
EditorAzwar Ferdian


Tokyo, KompasOtomotif - MItsubishi dikenal dengan merek yang memproduksi kendaraan tangguh di medan luar ruang. Sebut saja Pajero dengan cerita Rally Dakar serta Lancer Evolution yang sempat merajai arena kejuaraan dunia reli di tahun 90-an.

Bicara mengenai Lancer Evolution, sedan berperforma tinggi ini memiliki basis penggemar yang cukup banyak. Model ini erat dikaitkan dengan Mitsubishi dalam hal sedan bertenaga dibandingkan dengan Nissan GT-R, Toyota Supra, dan Subaru WRX STi di kala itu.

Namun sejak 2016, model sedan ini dihentikan. Kondisi ini sempat membuat para penggemar Lancer Evo kecewa dan pastinya akan lebih kecewa saat mengetahui rencana ke depan Mitsubishi.

Mitsubishi akan berkonsentrasi pada model SUV yang memiliki sejarah kuat. Sedan tidak akan dilirik Mitsubishi di masa depan.

Baca : Lihat Langsung Detail Mitsubishi Eclipse Cross [VIDEO]

"Tidak ada rencana ke sana. Saat ini pasar sedan terus menurun. Jika ada yang menginginkan sedan, dimana pasarnya, tidak ada volume dan keuntungannya," ucap Trevor Mann, Chief Operating Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) beberapa waktu lalu.

Empat model mobil buatan Mitsubishi yang memegang sejarah penting pada 100 tahun kehadiran perusahaan tersebut di industri otomotif. Terdapat Model A, Mitsubishi Pajero, MItsubishi Lancer Evolution VI dan Outlander PHEVKompasOtomotif Empat model mobil buatan Mitsubishi yang memegang sejarah penting pada 100 tahun kehadiran perusahaan tersebut di industri otomotif. Terdapat Model A, Mitsubishi Pajero, MItsubishi Lancer Evolution VI dan Outlander PHEV

Keputusan ini diambil agar Mitsubishi dapat meningkatkan potensinya di masa depan. Meski demikian, Trevor mengakui nama Lancer Evolution jadi merek kuat di sedan sport.

Langkah ini juga diyakini Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President Design Division. Ia berharap investasi di bidang sedan dapat dialihkan ke produk-produk yang sesuai pasar di masa depan karena peminat sedan sudah turun drastis.

"Sebenarnya hanya segelintir yang suka, tapi yang mampu membeli sedikit. Jualannya turun drastis,baru saat kita umumkan berhenti penjualannya sempat naik. Jika dibandingkan untuk biaya jualan Lancer Evo, bisa untuk jualan 10 kendaraan listrik," ucap Kunimoto.

Baca : Mitsubishi Tak Ingin Cuma Jadi "Pedagang" di Indonesia

Mitsubishi sudah merencanakan untuk menghadirkan 11 model baru hingga 2020 mendatang dengan Xpander dan Eclipse Cross termasuk di dalamnya. SUV akan jadi konsentrasi utama pengembangan pasar di masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.