Kompas.com - 31/10/2017, 07:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Salah satu yang penting dari industri otomotif adalah soal penelitian dan pengembangan (R&D/Litbang). Segala ilmu terkati dasar-dasar merancang sebuat kendaraan ada di sana (transfer teknologi) dan ini yang seharusnya juga dibutuhkan masyarakat Indonesia selain hanya sekedar lowongan pekerjaan.

Memang, jika dibanding dengan produsen mobil yang ada di Indonesia, cuma Astra Daihatsu Motor (ADM) yang berkomitmen kuat soal pembangunan R&D lokal bisa terealisasi. Namun, memang aktivitasnya masih minim alias belum bisa merancang satu produk utuh, dan beberapa sumber daya manusianya (SDM) masih belajar di Jepang.

“Sekarang teknisi dan engineer ADM sudah masuk ke Daihatsu Jepang, belajar di sini. Setelah selesai studi, mereka akan kembali ke Indonesia dan mengajar menjadi dosen di Daihatsu Indonesia,” ujar Koichiro Okudaira, Presiden Daihatsu Motor Company (DMC), di Osaka, Rabu (25/10/2017).

Baca juga : “Ngapain” Saja Pusat R&D Daihatsu di Karawang

Selain jadi dosen, kata Okudaira, para lulusan-lulusan tersebut juga akan diikutsertakan dalam kegiaran R&D di Daihatsu Indonesia. Meski begitu, tim R&D-nya masih dicampur dengan perwakilan dari prinsipal Jepang.

“Mereka juga akan ikut proses R&D di ADM, tapi tidak hanya orang Indonesia saja, melainkan diikutsertakan SDM dari Jepang dalam pengembangan mobil baru dan model change-nya,” ucap Okudaira.

Daihatsu merupakan merek pertama yang membangun Pusat Riset dan Pengembangan (Research and Development Center) di Karawang. R&D Center ADM tersebut punya berbagai fasilitas yang terdiri dari tiga bagian, mulai dari desain, engineering, sampai test course. Total lahan untuk tiga area ini mencapai 25 hektar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.