Laporan dari Jepang

Pesan Daihatsu Copen Matik, Pakai Surat Perjanjian

Kompas.com - 30/10/2017, 14:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Ikeda, KompasOtomotif – Merek Daihatsu merupakan pemain terbesar kei car (mobil kecil) di Jepang, dengan deretan modelnya yang unik. Salah satu produk yang diimpor untuk pasar Indonesia adalah Copen, sedan kecil dua pintu, dengan atap yang bisa terbuka (roadster).

Namun, Daihatsu Indonesia hanya menyediakan model ini dengan transmisi manual saja, walaupun sudah tersedia varian yang otomatis. Lagipula untuk masyarakat Indonesia, terutama yang ada di perkotaan, banyak yang minat ke matik.

Meski begitu, seperti yang dikatakan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head, PT Astra International–Daihatsu Sales Operation, konsumen Daihatsu di Indonesia masih tetap bisa memesan yang matik, tapi dengan menandatangani semacam perjanjian.

“Jadi harus pake perjanjian terlebih dahulu ketika akan membeli yang matik. Isi surat tersebut agar mengikuti aturan servis yang ditemtukan, agar warantinya bisa tetap terjamin,” ujar Hendrayadi di sela-sela kunjungan ke pabrik Copen yang berlokasi di Ikeda-Shi, Osaka, Jepang, Kamis (26/10.2017).

Baca juga : Intip Perakitan Daihatsu Copen, Dirakit dengan Tangan

Bukan tanpa asalan, Hendrayadi menuturkan, kalau ini lantaran teknologi transmisi otomatis CVT yang digunakan pada Copen, belum diuji coba untuk digunakan pada jalanan Indonesia yang banyak rusak dan lainnya.

“Pihak Jepang belum merekomendasikan matik CVT di Indonesia. Kondisinya jalannyabelum diuji, walaupun beberapa kompetitor sudah memggunakannnya,” ucap Hendrayadi.

Di Indonesia, Copen dengan mesin 660 cc ini dijual dengan harga Rp 435 jutaan dengan transmisi manual. Jika ada yang menginginkan matik, kurang lebih tambahan harganya sebesar Rp 15 juta. Dari pemesanan, sekitar dua bulanan.

Copen Local Base Kamakura (CLBK). Ghulam/KompasOtomotif Copen Local Base Kamakura (CLBK).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.