Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Soal Desain, Mitsubishi Berbeda dengan Nissan dan Renault

Kompas.com - 30/10/2017, 10:42 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) tahun lalu resmi bergabung dengan aliansi Renault-Nissan. Bergabungnya pabrikan otomotif besar ini membuat kemungkinan akan ada keuntungan dan kerja sama di antara ketiganya di masa depan untuk menghasilkan produk-produk baru di pasaran.

Tidak hanya di dalam negeri, pertanyaan mengenai pengaruh ketiga merek tersebut di pasar dan produk masing-masing kerap ditanyakan di pentas dunia. Ini karena banyak petinggi, desainer, serta orang berkepentingan di ketiga perusahaan tersebut bertukar tempat sebagai strategi aliansi.

"Saya pastikan di dalam, kami semua menjaga warisan sejarah dan tradisi masing-masing merek. Tidak ada yang namanya berbagi desain, semua terpisah, berbeda. Itu strateginya," ucap Guillaume Cartier, Corporate Vice President Global Marketing and Sales MMC saat ditemui di ajang Tokyo Motor Show (TMS) beberapa waktu lalu.

Mitsubishi Eclipse Cross dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017Kompas.com Mitsubishi Eclipse Cross dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017

Cartier mengungkapkan, desain yang berbeda di antara masing-masing merek ini akan menjaga konsumen setia yang telah menikmati merek tersebut sekian lama. Ini tentu akan menguntungkan merek dan juga konsumen.

Baca : Mitsubishi Tak Ingin Cuma Jadi "Pedagang" di Indonesia

Merek kendaraan akan dinilai memiliki karakter yang kuat di mata konsumen. Di sisi lain, konsumen akan memiliki banyak pilihan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kelebihan masing-masing.

Empat model mobil buatan Mitsubishi yang memegang sejarah penting pada 100 tahun kehadiran perusahaan tersebut di industri otomotif. Terdapat Model A, Mitsubishi Pajero, MItsubishi Lancer Evolution VI dan Outlander PHEVKompasOtomotif Empat model mobil buatan Mitsubishi yang memegang sejarah penting pada 100 tahun kehadiran perusahaan tersebut di industri otomotif. Terdapat Model A, Mitsubishi Pajero, MItsubishi Lancer Evolution VI dan Outlander PHEV

Selain itu Cartier menjelaskan dengan aliansi ini yang paling memungkinkan di masa depan adalah saling berbagi teknologi dan platform diantara ketiganya. Aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi menargetkan sejumlah produk kendaraan listrik hingga beberapa tahun ke depan dengan fitur teknologi masa depan di dalamnya.

"Saya selalu mengatakan, prinsipnya, Mitsubishi first, alliance always," ucap Cartier.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.