Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Pamer Lima Pasukan Baru, Truk Hybrid dan Listrik

Kompas.com - 28/10/2017, 16:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2017 bukan hanya menjadi ajang pamer dari kendaraan penumpang, namun juga kenadaraan niaga. Salah satunya seperti Hino Motors Limited, Japan (HML) yang hadir membawa lima pasukan dari berbagai segmen.

Kelimanya terdiri dari The New Generation Hino700 Series, Hino500 Series atau yang dikenal di Indonesia sebagai Hino New Generation Ranger, Hino Truck Dakar Rally 2014,  Hino300 Series Hybrid untuk segmen light duty truck atau truk ringan, serta bus kecil Hino Poncho EV Community.

Hino hadir mengusung tema “Trucks and Buses That Do More” yang menggambarkan keinginan Hino untuk dapat mengangkut orang dan membawa barang secara aman dan efisien. Lebih dalam lagi membantu mempermudah dalam menunjang kehidupan manusia.

Baca Juga: Ini Mobil Masa Depan Yamaha

Hino700 Series yang bermain di segmen heavy duty untuk model di Jepang membawa perubahan dari sisi eksterior dan interior.  Hino700 Series dilengkapi dengan fitur pintar yang berfungsi sebagai sistem keselamatan, yakni pre-collision damage mitigation (PCS) yang mampu mendeteksi kehadiran pejalan kaki disekitarnya.

Hino500 Series Hino500 Series

Untuk Hino500 Series mengalami perubahan menyeluruh untuk pertama kalin dalam 16 tahun. Tampilan eksterior yang baru membuatnya lebih stylish, sementara interior diubah dengan luas yang lebih nyaman untuk pengemudi seperti yang biasa kita lihat pada mobil-mobil mewah untuk penumpang.

Hino300 Series Hybrid masuk dalam kategori truk ringan yang bermain di kelas dua ton. Model ini cukup laris di kelas truk ringan hibrida dengan keunggulan keiritan bahan bakar yang menawarkan tingkat konsumsi terendah mencapai 13,2 kpl.


Hino300 Series Hino300 Series

Untuk produk listrik, Hino mengenalkan Poncho EV. Model ini dikembangkan sebagai pengganti mesin diesel pada tipe Poncho sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2012 dan sudah beroperasi di beberapa kota, seperti Sumida, Hamura, serta kota Komatsu di prefektur Ishikawa.

Baca Juga: Mitsubishi Perkenalkan Truk Fuso Bertenaga Listrik

Bus Ini beroperasi berdasarkan high frequency charging concept, dimana Hino Poncho EV diisi untuk daya listriknya setiap 10 km sepanjang pengoperasian untuk menghasilkan kinerja yang baik. Hino Poncho EV memiliki suara yang halus saat dioperasikan tanpa mengeluarkan CO2, yang membuat penumpang dan penduduk sekitar yang dilalui rute bus ini tetap nyaman.

Truk Dakar Rally Truk Dakar Rally

Merefleksikan performa jelajah, Hino ikut membawa Truk Dakar Rally yang telah menjelajah selama 26 tahun dan tidak pernah gagal mencapai garis finish. Pertama kali mengikuti lomba Dakar Rally pada tahun 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam balapan terganas ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com