Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Ini Bedanya Tokyo Motor Show dengan Pameran di Indonesia

Kompas.com - 28/10/2017, 15:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif - Gelaran pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Sabtu, (28/10/2017) mulai dibuka untuk umum. Masyarakat Tokyo dan sekitarnya berbondong-bondong untuk melihat produk-produk terbaru dari berbagai merek otomotif Jepang dan internasional.

Berbeda dari kondisi dua hari sebelumnya yang hanya dibuka untuk media dan undangan khusus, kali ini kondisi lantai pameran disesaki oleh pengunjung. Kondisi ini cukup mirip dengan penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia yang dilakukan dalam dua event yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) serta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Namun yang menarik, pada penyelenggaraan hari pertama untuk umum ini tidak terlihat aktivitas transaksi. Contohnya, tidak ada informasi harga di tiap kendaraan. Pada tiap-tiap kendaraan hanya disediakan informasi mengenai spesifikasi serta teknologi yang disertakan. Kalau pun ada, informasi ini digunakan untuk keperluan pengunjung saat di diler kendaraan yang pastinya diler itu tidak di dalam pameran.

Baca Juga: Harga Honda PCX Bisa Tembus Rp 30 Jutaan

Konsep pameran sebagai tempat transfer informasi sangat dipegang oleh penyelenggara TMS. Selama pameran yang diselenggarakan hingga 11 November mendatang, tidak diperkenankan ada transaksi penjualan yang dilakukan.

Suasana pameran Tokyo Motor Show di akhir pekanKompas Suasana pameran Tokyo Motor Show di akhir pekan

"Ini menariknya pameran di TMS. Orang datang karena memang ingin melihat teknologi atau gemar dengan kendaraan. Selain itu dengan tidak adanya target penjualan, tidak ada sampah brosur yang menumpuk. Orang akan meminta brosur kendaraan sesuai keinginan mereka," ucap Rifat Sungkar, pereli nasional yang mengikuti rombongan Mitsubishi Indonesia berkunjung ke TMS 2017.

Berbagai kegiatan juga diselenggarakan saat akhir pekan ini. Workshop desain kendaraan untuk anak-anak, tes drive beragam kendaraan, serta menjajal berbagai teknologi baru di pameran otomotif dua tahunan tersebut.

Baca Juga: Intip Perakitan Daihatsu Copen, Dirakit dengan Tangan

Keramaian terjadi di West Area dimana merek Daihatsu dan Toyota berada. Selain itu keramaian juga terlihat pada booth perusahaan mainan Tomica dimana pengunjung mengantri untuk membawa pulang model khusus mainan dari TMS 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.