Digitalisasi, Bisa Beli Mobil Lelang Secara Online

Kompas.com - 27/10/2017, 15:24 WIB
Ilustrasi: Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi, Jumat (22/9/2017). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi: Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi, Jumat (22/9/2017).
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif Balai Lelang Ibid sudah punya dua metode pelelangan, yaitu onsite (pembeli datang ke lokasi pelelangan) dan online. Sebagai pergerakan mengantisipasi kemajuan zaman membuat Ibid mengembangkan metode baru, yaitu hibrida yang menggabungkan keduanya.

Ibid sebagai salah satu lini bisnis Serasi Autoraya yang merupakan anak perusahaan Astra International berusaha masuk lebih dalam ke era digitalisasi. Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Balai Lelang Ibid mengatakan, hal itu sejalan dengan keinginan Astra International.

Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.

“Jadi sekarang kami memang sedang mengembangkan lelang hibrida. Kami memang bukan yang pertama, karena sudah ada balai lelang lain yang melakukannya,” kata Daddy, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Dari penjelasan Daddy, mekanisme lelang hibrida yaitu lelang onsite bisa dipantau langsung melalui internet. Jadi penawar bisa menyaksikan langsung jalannya pelelangan tanpa perlu datang ke lokasi. Penawaran dari internet juga bisa dilakukan langsung dan diketahui penawar lain yang ada di lokasi.

Baca: Ibid Ajak Masyarakat Beli Mobil di Balai Lelang

Walau sudah punya rencana, Daddy mengatakan masih ada tantangannya, yaitu membuat masyarakat percaya membeli secara online. Lelang hibrida dari Ibid rencananya paling lama mulai berjalan pada April 2018. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.