Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang.

Mobil Listrik dan Hybrid Daihatsu Baru Siap 2020

Kompas.com - 26/10/2017, 13:22 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif – Ikuti tren otomotif global ke arah kendaraan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, Daihatsu mengaku serius sedang mengembangkan produknya yang berstatus listrik (electric vehicle/EV) dan hybrid.

Berkesempatan bertemu dengan President Daihatsu Motor Company, Koichiro Okudaira di sela-sela pameran Tokyo Motor Show (TMS) 2017 di Tokyo, Jepang, dirinya menyebut, bakal mulai masuk ke market pada 2020-an. Memang belum secara detail menyebut waktu tepatnya.

“Jadi untuk mobil dengan mesin hibrida dan mobil listrik, akan dimulai dari 2020-an. Waktu tepatnya kapan, kami masih belum tahu,” ucap Okudaira, Rabu (25/10/2017).

Baca juga : Daihatsu Tampilkan Empat Mobil Konsep

Okudaira menambahkan, kalau fasenya akan dilakukan secara bertahap, di mana saat ini masih mengembangkan mesin bensin. Kemudian baru beranjak ke hibrida dan yang selanjutnya adalah kendaraan listrik.

Mobil konsep Daihatsu DN U SpaceGhulam Nayazri/KompasOtomotif Mobil konsep Daihatsu DN U Space

Mobil listrik tidak hanya soal mobilnya saja, tapi juga harus ada infrastruktur sebagai pendukungnya. Jadi, sebelum mobil listrik tersebut, kami akan fokus ke hibrida dahulu, baru setelah itu mungkin fokus ke mobil listrik,” ucap Okudaira.

Saat ini saja, Daihatsu  sudah memamerkan dua model mobilnya yang akan mengadopsi mesin hybrid 1.200 cc, seperti DN Compagno dan DN Trec di TMS 2017. Jika dihitung tiga tahun, sejak pengembangan model baru sampai produksi massal, maka produknya akan keluar pada 2020.  Kemudian untuk mobil listriknya, dipasangkan di mobil konsep masa depan DN Pro Cargo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.