Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang.

Mobil Listrik dan Hybrid Daihatsu Baru Siap 2020

Kompas.com - 26/10/2017, 13:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Ikuti tren otomotif global ke arah kendaraan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, Daihatsu mengaku serius sedang mengembangkan produknya yang berstatus listrik (electric vehicle/EV) dan hybrid.

Berkesempatan bertemu dengan President Daihatsu Motor Company, Koichiro Okudaira di sela-sela pameran Tokyo Motor Show (TMS) 2017 di Tokyo, Jepang, dirinya menyebut, bakal mulai masuk ke market pada 2020-an. Memang belum secara detail menyebut waktu tepatnya.

“Jadi untuk mobil dengan mesin hibrida dan mobil listrik, akan dimulai dari 2020-an. Waktu tepatnya kapan, kami masih belum tahu,” ucap Okudaira, Rabu (25/10/2017).

Baca juga : Daihatsu Tampilkan Empat Mobil Konsep

Okudaira menambahkan, kalau fasenya akan dilakukan secara bertahap, di mana saat ini masih mengembangkan mesin bensin. Kemudian baru beranjak ke hibrida dan yang selanjutnya adalah kendaraan listrik.

Mobil konsep Daihatsu DN U SpaceGhulam Nayazri/KompasOtomotif Mobil konsep Daihatsu DN U Space

Mobil listrik tidak hanya soal mobilnya saja, tapi juga harus ada infrastruktur sebagai pendukungnya. Jadi, sebelum mobil listrik tersebut, kami akan fokus ke hibrida dahulu, baru setelah itu mungkin fokus ke mobil listrik,” ucap Okudaira.

Saat ini saja, Daihatsu  sudah memamerkan dua model mobilnya yang akan mengadopsi mesin hybrid 1.200 cc, seperti DN Compagno dan DN Trec di TMS 2017. Jika dihitung tiga tahun, sejak pengembangan model baru sampai produksi massal, maka produknya akan keluar pada 2020.  Kemudian untuk mobil listriknya, dipasangkan di mobil konsep masa depan DN Pro Cargo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com