Kompas.com - 25/10/2017, 18:46 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif Balai lelang mobil terbesar di Indonesia, Ibid, mencoba bersikap terbuka dengan membeberkan pihak pemasok mobil-mobil di pelelangan mereka. Sumber terbesar dikatakan berasal dari saudara satu perusahaan Serasi Autoraya, Trac, yang bergerak di bisnis penyewaan kendaraan.

Daddy Doxa Manurung, Chief Operation Officer Ibid menjelaskan, Trac memiliki sekitar 30.000 unit mobil. Setiap empat tahun sekali Trac memberlakukan peremajaan kendaraan, semua unit yang dilepas masuk ke Ibid.

“Itu berarti ada sekitar 8.000 – 9.000 unit per tahun yang keluar, 100 persen masuk ke Ibid,” kata Daddy, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Mobil-mobil di gudang Balai Lelang Ibid.Febri Ardani/KompasOtomotif Mobil-mobil di gudang Balai Lelang Ibid.
Sumber terbesar kedua Ibid adalah perusahaan pembiayaan, salah satunya yaitu anak perusahaan Astra International, Astra Credit Companies (ACC). Daddy mengatakan 70 – 80 persen mobil limpahan ACC masuk ke Ibid, besarnya 500 – 600 unit per bulan.

“Kalau (perusahaan pembiayaan) di luar grup Astra tidak banyak, misalnya BCA Finance dan CIMB Niaga Auto Finance,” kata Daddy.

Bukan hanya itu, sumber lain mobil-mobil pelelangan Ibid berasal dari fleet perusahaan dan perorangan.

Baca: Benarkah Lelang Mobil Koruptor Lebih Murah?

Setiap bulan Ibid rata-rata melakukan 50 kali pelelangan di seluruh Indonesia. Penjualan kendaraan di pelelangan itu bisa mencapai 2.000 unit. Ibid bukan hanya melelang mobil tetapi juga sepeda motor, alat berat, hingga gadget.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.