Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Aman Baterai Nissan Note e-Power Terhadap Banjir?

Kompas.com - 24/10/2017, 12:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil listrik dengan mesin konvensional, Nissan Note e-Power, menyimpan baterai di lantai atau tepatnya di bawah jok penumpang depan. Posisinya yang begitu rendah, lantas apa aman dari banjir?

Banjir bukan hal aneh buat masyarakat Indonesia. Entah karena alasan cuaca atau memang infrastruktur yang kurang memadai, banjir bisa datang kapan saja saat mengemudi.

Anton Khristanto, Manager R&D Nissan Motor Indonesia (NMI) menjelaskan kumpulan sel baterai pada Note e-Power telah dibungkus di ruang kedap. Dia mengklaim kekedapan itu bikin paket baterai aman dari genangan air, selain itu juga Note e-Power sudah lolos uji di Jepang.

“Setiap mobil listrik kami sudah melewati pengujian genangan air setengah mobil (setinggi lebih dari ban), termasuk Note e-Power,” kata Anton, di sela sesi tes Note e-Power untuk media di Karawang, Jawa Barat, Senin (23/10/017).

Suasana kabin Nissan Note e-Power.Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana kabin Nissan Note e-Power.
Note e-Power merupakan pengembangan dari model hatchback tenaga listrik yakni Nissan Leaf, keduanya menggunakan banyak suku cadang yang sama. Pada Leaf, baterai yang ukurannya lebih besar juga disimpan di lantai penumpang.

Baca: Mau Dijual, tapi Spesifikasi Nissan Note Bikin Bingung

Saat ini negara satu-satunya yang menjual Note e-Power adalah Jepang. Rencananya, model yang menggabungkan mesin pembakaran 1.2L dan motor listrik 40 kW itu juga akan dijual di Indonesia, namun belum ada pernyataan resmi dari NMI.

Debut Note e-Power di Indonesia sudah dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus 2017 lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com