Mitsubishi Berikan 10 Prototipe Mobil Listrik buat Indonesia

Kompas.com - 23/10/2017, 13:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Nagoya, KompasOtomotif – Kunjungan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ke Jepang pekan lalu, lahirkan beberapa kesepakatan bersama para pengusaha Jepang, terutama soal Industri otomotif di mana salah satunya dengan pihak Mitsubishi.

Selain berbincang soal industri garmen dan petrokimia, Mitsubishi dan perwakilan pemerintah tersebut juga membahas sektor otomotif. Bertemu dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko di Tokyo, Airlangga mengungkapkan soal kendaraan listrik.

Dari hasil perbincangan keduanya, salah satu produsen otomotif terbesar di Jepang itu akan memberikan bantuan berupa 10 unit prototipe kendaraan listrik, untuk penelitian di Indonesia.

Airlangga mengatakan, pemerintah Indonesia sedang mengkaji strategi pengembangan kendaraan listrik yang akan diproduksi oleh industri otomotif di Tanah Air. Ini sebagai wujud implementasi roadmap yang disusun oleh Kemenperin, untuk fokus mendorong produksi kendaraan beremisi karbon rendah atau low carbon emission vehicle (LCEV), sesuai dengan tren pasar dunia saat ini.

“Kami mengapresiasi dukungan Mitsubishi, yang selama ini turut memacu peningkatan daya saing dan produktivitas industri otomotif di Indonesia, termasuk rencananya memberikan 10 prototipe kendaraan elektrik, untuk mendukung riset di dalam negeri,” ujar Airlangga dalam siaran resminya, Sabtu (21/10/2017).

Baca juga : Mitsubishi Mulai Lobi Pemerintah Soal Mobil Listrik

Karena itu, kata Airlangga, Indonesia butuh banyak masukan terkait langkah pengembangan platform kendaraan listrik, hingga komponen dan industri pendukungnya. "Kami sedang mendorong penelitian penggunaan electric vehicle, bukan hanya dari segi kendaraan, tetapi juga infrastruktur, charger-nya, stasiun pengisian listrik, availability-nya, dan semuanya," tutur Airlangga.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) menambahkan, Indonesia sendiri punya ribuan pemasok komponen otomotif dengan skala industri kecil dan menengah (IKM). Potensi ini perlu dimanfaatkan dan dikembangkan agar terintegrasi dengan produsen otomotif skala besar, dalam menciptakan produk yang berualitas dan berdaya saing.

Menteri Perindustrian juga melakukan kunjungan ke pabrik Mitsubishi Motors Okazaki yang berlokasi di Prefektur Aichi, Nagoya, Jepang, yang telah beroperasi sejak 1977. Saat ini, pabrik Mitsubishi Motors Okazaki memproduksi mobil model Outlander PHEV, Outlander, RVR (ASX) Outlander Sport.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.