Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pehobi Otomotif Harus Sadar Soal Emisi

Kompas.com - 22/10/2017, 14:47 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ada yang menarik dari pembukaan pameran motor dan mobil custom di Jakarta Custom Culture (JCC), Sabtu (21/10/2017). Beragam pengguna motor klasik, kebanyakan skuter Vespa, melakukan aksi nyata Tebus Dosa Emisi x Aku Jaga Bhumi dengan riding menuju tempat pameran JCC di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Aksi ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk menjaga kualitas udara di Ibu Kota. Kegiatan yang mendapat dukungan dari pemerintah ini, kegiatan akhirnya adalah penyerahan 500 bibit pohon dan edukasi mengenai emisi kendaraan bermotor.

"Artinya anak-anak muda ini sudah tahu soal pencemaran, karena paling sulit adalah kesadaran. Jika sudah sadar kami harap tidak berhenti hanya disini, kami membka kesempatan bagi para komunitas untuk berdiskusi bersama kami," ungkap Dasrul Chaniago, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ditemui di sela acara, Sabtu (21/10/2017).

Dasrul mengungkapkan, saat ini kendaraan bermotor menjadi penyumbang pencemaran udara di perkotaan. Sekitar 70 persen datang dari knalpot roda dua dan roda empat.

Baca : Acara Penggemar Custom di Jakarta Mulai

Dasrul berharap hobi otomotif ini akan berjalan dengan tingkat kesadaran untuk menjaga lingkungan dan kualitas udara sekitar. Akhirnya nanti dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

"Peningkatan lingkungan dapat diciptakan dengan penggunaan kualitas bahan bakar yang bermutu, teknologi, serta perawatan. Selain itu menyumbangkan pohon juga langkah positif karena pohon dapat menghasilkan oksigen dan menyerap CO2. Terlebih pemerintah sudah mencanangkan untuk memberlakukan kenaikan standar emisi ke Euro IV tahun depan," ucap Dasrul.

JCC akan berlangsung hingga Minggu, (22/10/2017). Pada ajang ini pengunjung dapat melihat kendaraan roda dua dan roda empat dengan beragam tahun produksi dan sentuhan modifikasi. Selain itu terdapat beragam arena penjualan pernak pernik otomotif, suku cadang, busana, hingga kuliner.

Jakarta Custom Culture diselenggarakan akhir pekan, 21-22 Oktober 2017KompasOtomotif Jakarta Custom Culture diselenggarakan akhir pekan, 21-22 Oktober 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com