TMMIN Masih Produksi Etios

Kompas.com - 17/10/2017, 09:02 WIB
Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016). Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Penjualan Toyota Etios terus mengalami penurunan. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), per bulan rata-rata terjual di bawah 50 unit, tepatnya sekitar 45 unit.

Meski permintaannya terus menurun, namun Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) sampai sekarang masih memproduksi subkompak A itu di pabrik kedua TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

"Kita masih produksi sampai benar-benar tidak ada permintaan lagi. Sekarang masih ada meskipun tidak banyak," ujar Direktur Teknikal TMMIN Yui Hastoro saat dihubungi KompasOtomotif, belum lama ini.

Volume produksi per bulan, lanjut Yui tidak lebih dari 100 unit. TMMIN hanya merakit massal sesuai dengan permintaan di pasar setiap bulannya.

Baca juga: Etios Masih Diproduksi Setidaknya sampai 2017

"Sampai kapannya kita produksi, kami belum bisa pastikan. Namun yang jelas kalau tidak ada lagi permintan itu kita buat apa untuk produksi lagi," kata Yui.

Menurut informasi, Etios tetap diproduksi hingga akhir tahun ini. Sebab stok komponen mobil kota (city car) itu masih tersedia hingga November 2017 dan margin yang diterima dari jualan komponen itu dianggap masih menjanjikan.

Setiap tahun selalu terjadi penurunan volume produksi. Sejak pertama diluncurkan pada 2013, jumlah produksi mencapai 12.800 unit, 2014 sebesar 10.000 unit, dan 2015 sebanyak 5.600 unit.

Sekarang permintaan per bulan saja tidak lebih dari 50 unit dari berbagai tipe yang tersedia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X