Ragam Alasan Pengendara Motor Gunakan Trotoar

Kompas.com - 16/10/2017, 14:42 WIB
Petugas kepoliian dari NTMC Polri memberikan penyuluhan pada pengendara yang menggunakan trotoar tidak sesuai peruntukannya pada kampanye Gerakan Tertib Lalu lintas Kompas Otomotif dan Otomania KompasOtomotifPetugas kepoliian dari NTMC Polri memberikan penyuluhan pada pengendara yang menggunakan trotoar tidak sesuai peruntukannya pada kampanye Gerakan Tertib Lalu lintas Kompas Otomotif dan Otomania
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Penyalahgunaan trotoar jadi pemandangan sehari-hari di Jakarta. Pengguna jalan raya, mayoritas pengguna sepeda motor, kerap terlihat menggunakan sarana jalan yang dikhususkan bagi pejalan kaki ini.

Pemandangan serupa masih terlihat ketika tim KompasOtomotif dan Otomania.com melakukan kampanye Gerakan Tertib Lalu lintas ( Gatel), Senin (16/10/2017). Kampanye yang dilakukan di jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, tepatnya di depan kampus Akademi Pariwisata Pertiwi ini, pengendara motor yang melewati trotoar jadi pemandangan wajib di pagi hari.

Dari beberapa pengendara motor yang diberhentikan untuk mendapatkan penyuluhan mengenai tertib berlalu lintas, beragam alasan diutarakan mengapa mereka melakukan hal tersebut. Paling banyak ada karena terburu-buru.

"Mereka panik, sudah buru-buru lihat jalan padat dan macet. Lantas ambil trotoar sebagai jalan pintas. Ini kebiasaan buruk," ucap Bripda Rian Hendris Saputra dari NTMC Polri yang ikut mendukung kampanye kali ini.

Baca : "Gatel Otomania" Sadarkan Perampas Fungsi Trotoar

Pengendara sepeda motor yang melewati trotoar ini tidak sadar perilaku mereka dapat membuat pengendara lain mengikuti langkah mereka. Ini membuat pelanggaran massal kerap dilakukan dengan dalih banyak teman sesama pengendara motor yang melakukan hal yang sama.

Namun ketika ada petugas yang tengah berjaga, mereka kembali turun ke jalan raya. Ini dilakukan untuk menghindari tilang yang bisa dikenakan kepada mereka.

"Sayangnya para pengendara ini masih tidak menyadari perilaku salah mereka. Mereka mematuhi aturan ketika sedang ada petugas namun ketika sudah tidak ada yang berjaga, mereka kembali merampas fungsi trotoar ini," ucap Rian.

Pihak Korlantas NTMC Polri belakangan tengah gencar menyadarkan sikap pengguna jalan raya terhadap fungsi trotoar. September lalu pihak kepolisian mencanangkan bulan tertib trotoar untuk meningkatkan kesadaran menggunakan trotoar sesuai peruntukannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X