Rossi Salah Pilih Jenis Ban Pakai Ban saat Kualifikasi

Kompas.com - 15/10/2017, 08:42 WIB
Valentino Rossi bicara keputusannya pakai ban slick di kualifikasi MotoGPValentino Rossi bicara keputusannya pakai ban slick di kualifikasi
|
EditorAzwar Ferdian

Motegi, KompasOtomotif- Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha harus puas start dari posisi ke 12 pada balapan GP Jepang, Minggu (15/10/2017). Ini didapat setelah ia gagal mencatatkan waktu terbaik di kualifikasi.

Rossi bahkan menggunakan strategi yang dianggap ekstrem ketika kualifikasi dengan menggunakan ban slick ketika lintasan sirkuit Motegi masih sedikit basah akibat hujan. Ini dilakukannya untuk mengatasi problem traksi pada ban yang dirasakan selama latihan. Namun ternyata justru tidak berhasil.

Rossi sempat merasakan aspal sirkuit pada latihan bebas keempat, tepat sebelum kualifikasi dimulai. Beruntung, pebalap yang baru pulih dari cedera patah tulang ini tidak mengalami kondisi parah.

"Saya beruntung tidak terluka meski saya merasakan cukup sakit di beberapa bagian. Beruntung tidak mengenai kaki karena ini termasuk kecelakaan yang cukup parah," ucap Rossi dikutip dari Crash.net.

Baca : Rossi Perbaiki Waktu pada Latihan Bebas Ketiga

Rossi menyayangkan kecelakaan itu terjadi pada motor favoritnya yang ia gunakan untuk mencatatkan waktu terbaik di latihan bebas ketiga. Settingan pada motor tersebut rencananya akan digunakan untuk kualifikasi, namun karena kondisinya rusak parah usaha Rossi mencatatkan waktu terbaik menjadi sia-sia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Settingan sepeda motor semakin membaik pada latihan bebas ketiga untuk mengatasi masalah traksi pada ban. Rossi sangat senang dapat mencatatkan waktu tercepat pada latihan bebas sebelum kualfikasi.

"Peningkatannya tidak dilakukan melalui sistem elektronik, tapi pada setting. Bagian belakang terutama. Elektronik tetap seperti hari Jumat. Langkah terbesarnya adalah pada keseimbangan motor," ungkap Rossi.

Rossi kemudian memutuskan menggunakan motor cadangan dengan menggunakan ban slick. Ia melihat beberapa bagian trek sudah mulai mengering. Sayangnya kondisi trek masih cukup basah dan membuat Rossi kesulitan mencatatkan waktu tercepat.

Langkah menggunakan ban slick ini diikuti oleh Marc Marquez. Namun pebalap Repsol Honda tersebut melakukannya setelah ia mencatatkan waktu tercepat di lintasan basah.

"Memulai balapan dari posisi ke 12 akan cukup menyulitkan. Tapi terpenting bagi saya adalah kondisi. Jika saat balapan hujan, saya pikir kita masih mendapatkan hasil bagus, namun ketika sedikit air, akan sangat menyulitkan," ucap Rossi.

Posisi Rossi masih lebih baik dari rekan satu timnya, Maverick Vinales. Pebalap yang jadi salah satu pesaing merebut gelar juara dunia tersebut harus start di posisi ke 14.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.