Kompas.com - 13/10/2017, 16:33 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, Kompas Otomotif - Modifikasi untuk mengubah fitur bawaan kendaraan kerap dilakukan pemilik. Salah satunya adalah bagian head unit perangkat audio. Ini juga yang mungkin terbesit pada pengguna produk Kia.

Produk-produk Kia memiliki desain audio yang konservatif dengan banyaknya tombol-tombol pengatur di bagian dashboard. Bagi yang gemar dengan model lebih sederhana dan menggemari layar sentuh besar, membuat head unit bawaan ini menjadi alasan pertama untuk memodifikasi.

Tapi ternyata ada hal yang perlu dilakukan sebelum memodifikasi audio tersebut. Apakah itu?

"Sebaiknya ajak teknisi Kia untuk berdiskusi mengenai hal ini. Bilang saja mau mengubah head unit, nanti kita bantu kok untuk bagaimana cara pemasangan yang benar," ucap Tonny Saptono, Senior Intructur dan Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu.

Baca : Desain Audio Kia Terlihat Kaku, Ada Alasannya

Menurut Tonny, ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan konsumen setelah penggantian audio. Utamanya pada pemasangan kabel dan konektor yang tidak membahayakan.

Tujuan lain adalah konsumen tetap merasakan pengalaman baik berkendara bersama mobil Kia. Jangan sampai pengalaman tersebut berubah menjadi celaka karena pemasangan audio yang tidak tepat.

"Audionya silahkan sesuai dana dan keinginan, tapi ajak kita berdialog. Nanti soal kabel dan konektor kita kasih tahu karena berbeda. Apalagi sekarang sudah terkoneksi dengan tombol di lingkar kemudi juga," ucap Tonny.

Lantas apakah artinya Kia akan memberikan perlindungan garansi terhadap ubahan ini? Ternyata tidak.

"Tidak dibenarkan sebenarnya, dari Kia tidak memperbolehkan. Tapi bagaimana agar pemasangannya ini benar dan tidak menimbulkan bahaya, kita arahkan. Kalau karena ubahan audio ini ada apa-apa, risiko tetap ditanggung pemilik," ujar Tonny.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.