Kompas.com - 13/10/2017, 13:02 WIB
Kia adakan tes drive untuk tiga produk baruya, Grand Sedona, All New RIo dan All New Sportage OtomaniaKia adakan tes drive untuk tiga produk baruya, Grand Sedona, All New RIo dan All New Sportage
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, Kompas Otomotif - Produk terbaru dari produsen Korea Selatan, Kia All New Rio hadir dengan beberapa ubahan. Hatchback tersebut memberikan fitur-fitur terbaru, salah satunya adalah sunroof yang diklaim sebagai satu-satunya di kelasnya.

Salah satu ubahan lainnya yang menjadi perhatian dibanding dengan model terdahulu adalah dihilangkannya perangkat pengereman anti-lock brake system (ABS). Ini membuat masyarakat bertanya-tanya mengapa langkah ini justru yang diambil Kia.

"Sebenarnya kita melihat bagaimana fitur tersebut dapat terasa maksimal oleh konsumen, mana yang paling banyak diuntungkan. Fitur ada tapi tidak pernah dipake kayanya pengalamannya berkurang," ucap Tonny Saptono, Senior Intructur dan Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu.

Menurut Tonny, keputusan Kia ini juga setelah mendapatkan masukan dari konsumen mereka selama ini. Banyak yang lebih ingin tampilan dengan sunroof yang lebih modern dan premium.

Baca : Kia Siapkan Picanto Terbaru di Indonesia

Selain itu, medan jalan yang banyak digunakan All New Rio tidak terlalu ekstrem seperti perjalanan di perkotaan. Fitur ABS sendiri baru bekerja saat berada di situasi ekstrem kecepatan tinggi dan pengereman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tonny juga menampik pendapat kalau Kia kurang memperhatikan faktor keselamatan. Menurutnya ABS hanya salah satu faktor yang mendukung dalam hal keselamatan.

"ABS hanya salah satu fitur, sama seperti sabuk keselamatan dan kantung udara saat tabrakan. Kia saat ini menjadi produk global dengan teknologi rangka Advanced High Strenght Steel (AHSS) yang teruji dalam tes keselamatan," ucap Tonny.

Tonny juga menerangkan, fitur ABS yang ada saat ini terbagi menjadi beberapa tingkatan. Mulai yang terendah dengan harga murah sampai paling baru dengan fitur canggih tentu dengan harga lebih mahal.

Baca : Kia Masih Pilih Impor Mobil

Untuk Kia, hanya punya satu jenis ABS yakni yang terbaru. Kia tidak memiliki teknologi ABS tingkat pertama yang bisa saja membantu harga jual Rio semakin kompetitif.

"Itu sebabnya kemudian pilihan jatuh pada penambahan sunroof. Kalau dipakaikan fitur ABS terbaru, belum tentu dirasakan oleh konsumen. Kita akui penempatan harga kita lebih mahal dari kompetitor, tapi juga diimbangi kualitas dan bagaimana ini ditemukan dengan pengalaman berkendara yang lebih menyentuh, tidak hanya sekedar dijejali fitur canggih," ucap Tonny.

All New Kia Rio ditawarkan dalam dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis. Untuk harga, versi manual dibanderol Rp 250 juta sedangkan untuk otomatis dibanderol Rp 265 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X