Toyota Konsisten Jadi Eksportir Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 11/10/2017, 17:43 WIB
TMIIN raih penghargaan eksportir berkinerja dalam penghargaan Primaniyarta 2017 TMIINTMIIN raih penghargaan eksportir berkinerja dalam penghargaan Primaniyarta 2017
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, Kompas Otomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali mendapat anugerah Primaniyarta Award 2017 untuk kedelapan kalinya. TMMIN konsisten meraih penghargaan di kategori Eksportir Berkinerja dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Lebih spesial, penghargaan ini diserahkan langsung Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Wakil Preside Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter dalam acara pembukaan Trade Exp 2017, di ICE BSD, Rabu (11/10/2017).

"Penghargaan bergengsi ini kami anggap sebagai sebuah motivasi untuk terus konsisten mencatatkan kinerja ekspor yang positif demi perkembangan industri otomotif di Indonesia. Kinerja ekspor ini tidak lepas dari besarnya dukungan pemerintah yang gencar membangun infrastruktur pendukung untuk memudahkan kami memberi sumbangsih nyata bagi industri nasional," ucap Edward.

Penghargaan ini dimulai pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan pada 1992. Primaniyarta adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah untuk eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor.

Baca : Ekspor Toyota Indonesia Naik 18 Persen Paruh Pertama

Sejak 2014 penyelenggaraan Primaniyarta dikelompokkan dalam empat kategori yakni Eksportir Berkinerja, Eksportir Pembangunan Merek Global, Kategori Eksportir Potensi Unggulan dan Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru. TMMIN memperoleh penghargaan sejak 2008, lalu berlanjut pada 2010, 2011 dan berturut-turut selama lima tahun sejak 2013 sampai 2017. Tahun ini TMMIN jadi satu-satunya produsen kendaraan yang mendapatkan penghargaan ini.

Peningkatan Ekspor dan Ekspansi Global

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

TMMIN telah melakukan ekspor sejak 30 tahun lalu. Saat inidengan tambahan pabrik mesin baru di Karawang, kontribusi kendaraan utuh bermerk Toyota bagi total ekspor otomotif nasional Indonesia sebesar 87 persen.

Angka tersebut terdiri dari sembilan model yakni Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town/Lite Ace, Agya dan Sienta. Toyota juga mengekspor kendaraan CKD, mesin bensin dan ethanol tipe TR-K dan R-NR, komponen kendaraan serta alat bantu produksi berupa jigs (alat bantu dalam proses pengelasan) dan dies (alat bantu dalam proses pengepresan).

Sepanjang 2017 sampai September, TMMIN telah mengekspor CBU sekitar 150.400 unit kendaraan. Pencapaian ini meningkat 22 persen dari torehan tahun lalu, dengan dukungan SUV Fortuer sebesar 52.500 unit, Avanza 36.100 unit serta Vios 20.700 unit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.