Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, "e-Money" Gratis Hanya Kartu Tanpa Saldo

Kompas.com - 11/10/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Menyambut transaksi 100 persen non tunai pada ruas tol, Bank Indonesia (BI) berencana membagikan kartu uang elektronik (e-Money) kepada pengguna tol secara gratis. Pelaksanaanya dimulai Senin pekan depan (16/10/2017).

Setiap penguna tol yang belum memiliki e-Money akan mendapatkan satu kartu untuk satu mobil. Menariknya, pembagian kartu dilakukan secara cuma-cuma alias gratis.

Namun Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menjelaskan bahwa gratis yang dimaksud bukan dengan pulsa melainkan hanya kartu saja.

"Jadi yang digratiskan hanya biaya untuk kartu saja. Kalau biasa beli kartu di tol itu kan harga Rp 50.000 saldo Rp 40.000, sekarang ini beli Rp 50.000 saldo juga segitu (Rp 50.000), tidak ada potongan (Rp 10.000) untuk biaya kartu," ucap Herry kepada KompasOtomotif, Selasa (10/10/2017).

Baca : Transaksi Non Tunai Tol Sudah 75 Persen

Herry menjelaskan untuk sistematis lebih detail, baiknya langsung ditanyakan ke pihak bank terkait atau melalui BI. Karena masalah kartu tergantung dari pihak penyedia, namun soal banyaknya diperikirakan mencapai 1,5 juta kartu.

Gardu Transaksi Otomatis (GTO) disiapkan untuk transaksi non tunai di Gerbang Tol Lubuk Pakam, bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.Hilda B Alexander/Kompas.com Gardu Transaksi Otomatis (GTO) disiapkan untuk transaksi non tunai di Gerbang Tol Lubuk Pakam, bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Sebelumnya, Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Pungky Purnomo Wibowo, mengatakan bahwa pembagian e-toll gratis hanya untuk yang Rp 20.000.

"Ini hanya gratis untuk kartu tol yang seharga Rp 20.000, dan hanya berlaku sampai 31 Oktober 2017," kata Pungky yang dikutip dari Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com