Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Busi, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Kompas.com - 10/10/2017, 13:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain pelumas mesin, busi juga menjadi komponen penting bagi mobil. Karena itu, pengecekan dan perawatan sangat penting dilakukan agar mobil tetap "tokcer" saat digunakan.

Busi juga merupakan komponen yang memiliki masa pakai. Artinya, dalam kurun waktu tertentu wajib diganti baru agar fungsi untuk membakar campuran bahan bakar bisa maksimal.

Lantas apa patokan ideal pergantian busi, apakah dari jarak tempuh atau berdasarkan waktu.

Menjawab hal ini, Diko Oktaviano selaku Aftermarket Technical Support NGK Busi Indonesia, menjelaskan, sebenarnya kedua hal tersebut bisa dijadikan referensi, hanya tinggal melihat kondisi pemakaiannya saja.

Baca : Dosa Pengendara Bikin Usia "Disc Brake" Cepat Aus

"Kalau dari pihak produsen mobil biasanya dibatasi dari jarak, tapi dari kami tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal. Bila ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari sikon saja," kata Diko kepada KompasOtomotif, Selasa (10/10/2017).

Menurut Diko, sikon yang dimaksud lebih ke kondisi jalan dan pemakaian kendaraan. Bila seperti di Jakarta yang selalu bertemu kemacetan dan mobil lebih sering diam dibandingkan berjalan bisa diantisipasi untuk mengganti dari waktu pemakaian.

Busi NGKStanly/KompasOtomotif Busi NGK

Namun hal tersebut juga harus melalui pengecekan lebih dulu dan tergantung dari kondisi mobil serta jenis busi yang digunakan. Contoh busi iridium, jelas memiliki kemampuan lebih dibandingkan busi reguler, lalu mengenai kondisi mobil, apakah dalam keadaan standar, atau sudah dimodifikasi yang arahnya ke urusan performa.

"Seperti yang saya bilang, faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel resmi, atau bila mau lebih pasti khususnya pengguna di Jakarta lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali. Bila memang sudah tidak baik, bisa segera ganti untuk jaga-jaga tanpa tunggu jarak yang sudah ditentukan," ucap Diko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com