Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Mobil Listrik, Honda Tutup Pabrik di Jepang

Kompas.com - 05/10/2017, 14:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Reuters

Tokyo, KompasOtomotif - Honda berencana untuk menghentikan produksi dan menutup pabrik di Sayama, Jepang pada 2022. Kabar ini disampaikan langsung oleh Chief Executive Honda Takahiro Hachigo.

Menurut Hachigo, rencana penutupan pabrik menjadi langkah untuk merampingkan produksi dan mengalihkan fokus ke kendaraan listrik serta pengembangan teknologi masa depan lain.

"Karena kami lebih fokus pada penerapan elektrifikasi dan teknologi baru. Kami ingin mengasah keahlian manufaktur kendaraan kami di Jepang dan mengembangkannya secara global," ucap Hachigo yang disitat dari Reuters, Kamis (5/10/2017).

Hachigo menjelasakan dengan penutupan fasilitas pabrik di Sayama pada 2022 dan beralih ke mobil listrik akan berpengaruh pada pengurangi kapasitas dalam negeri hingga 24 persen.

Baca : Mobil Listrik Sport Baru Honda, Meluncur Sebentar Lagi

Setelah penutupan berjalan, nantinya secara keseluruhan produksi Honda di pasar domestik hanya 810.000 unit per tahun. Turun cukup drastis dibandingkan saat ini yang jumlahnya mencapai 1,6 juta per tahun.

Proses produski pabrik Honda di Sayama Proses produski pabrik Honda di Sayama

Sebagian besar karyawan akan dialihkan ke fasilitas yang ada di Yorii. Usai proses konsolidasi, pabrik Yorii akan dikhususkan untuk produksi dan pengembangan kendaraan listrik.

Honda juga menyatakan ketertarikannya untuk membuka pabrik baru di China pada 2019. Menurut Honda, China punya pertumbuhan otomotif yang cukup pesat sehingga memberikan peluang bagus untuk berinvestasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com