Fokus Mobil Listrik, Honda Tutup Pabrik di Jepang

Kompas.com - 05/10/2017, 14:02 WIB
Pabrik Honda di Sayama Pabrik Honda di Sayama
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif - Honda berencana untuk menghentikan produksi dan menutup pabrik di Sayama, Jepang pada 2022. Kabar ini disampaikan langsung oleh Chief Executive Honda Takahiro Hachigo.

Menurut Hachigo, rencana penutupan pabrik menjadi langkah untuk merampingkan produksi dan mengalihkan fokus ke kendaraan listrik serta pengembangan teknologi masa depan lain.

"Karena kami lebih fokus pada penerapan elektrifikasi dan teknologi baru. Kami ingin mengasah keahlian manufaktur kendaraan kami di Jepang dan mengembangkannya secara global," ucap Hachigo yang disitat dari Reuters, Kamis (5/10/2017).

Hachigo menjelasakan dengan penutupan fasilitas pabrik di Sayama pada 2022 dan beralih ke mobil listrik akan berpengaruh pada pengurangi kapasitas dalam negeri hingga 24 persen.

Baca : Mobil Listrik Sport Baru Honda, Meluncur Sebentar Lagi

Setelah penutupan berjalan, nantinya secara keseluruhan produksi Honda di pasar domestik hanya 810.000 unit per tahun. Turun cukup drastis dibandingkan saat ini yang jumlahnya mencapai 1,6 juta per tahun.

Proses produski pabrik Honda di Sayama Proses produski pabrik Honda di Sayama

Sebagian besar karyawan akan dialihkan ke fasilitas yang ada di Yorii. Usai proses konsolidasi, pabrik Yorii akan dikhususkan untuk produksi dan pengembangan kendaraan listrik.

Honda juga menyatakan ketertarikannya untuk membuka pabrik baru di China pada 2019. Menurut Honda, China punya pertumbuhan otomotif yang cukup pesat sehingga memberikan peluang bagus untuk berinvestasi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X