Urban SUV, Si Kecil yang Ingin Dianggap Besar

Kompas.com - 04/10/2017, 15:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Selain crossover, ada istilah lain yang juga bisa dianggap ”numpang kesan gagah” Sport Utlility Vehicle (SUV), yakni ”urban SUV”. Kata ini muncul paling buncit, dan menjadi istilah yang kerap didengar sebagai bahasa marketing.

Makin populer sejak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Ignis, mobil berdimensi kecil dan jangkung yang dimasukkan di segmen city car.

”Nah, itu anyar banget, turunan dari SUV juga dalam arti dimensi (bukan kemampuan),” kata Dr. Yannes Martinus Pasaribu, Pemerhati Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, (4/10/2017).

Kepada KompasOtomotif, Martinus menjelaskan, jika dilihat dari tipologi kendaraannya, urban SUV merupakan campuran dari karakter off-road yang dibangun pada platform city car.

”Jadi dia lebih pas disebut sebagai adiknya dari crossover, karena bentuknya lebih mungil, lebih menyerupai city car, namun dibekali dengan ban berdiameter besar, fender berkarakter SUV,” ujar Martinus.

Baca: Tampang Gagah X7, SUV BMW Paling Bongsor

Kendati demikian, kembali lagi, Martinus menegaskan bahwa antara crossover dan urban SUV lebih dilihat sebagai strategi branding. HR-V misalnya, juga sering disebut Honda sebagai irban SUV pula, walau secara dimensi dia cukup besar.

Intinya, pengistilahan pada kategori kendaraan sudah masuk fase ”emotional” lebih daripada fungsinya. Kendaraan sekarang sudah menjadi produk fashion dan lifestyle.

Begitu juga SUV di Indonesia yang justru cenderung lebih menjurus kepada styling saja, terutama pada segmen low dan middle segment car.

”Tampilan visualnya yang cenderung maskulin, tapi mostly berpenggerak dua roda (4X2). Lebih ke arah menerabas kemacetan lalu lintas, dan mengabaikan kemampuan engineering (kemampuan SUV sesungguhnya di medan off-road),” ujar Martinus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.